Kesiapan Pembelajaran Klinik Di Masa Pandemi Covid-19

Saiful Batubara, Surya Akbar, Irpan Apandi Batubara

Abstract


Terjadinya Pandemi COVID-19 secara nyata telah berdampak luas terhadap dunia pendidikan secara umum, termasuk dalam pendidikan kedokteran terutama tahap pendidikan profesi. Kemungkinan penularan COVID 19 di rumah sakit telah mengakibatkan terhentinya pembelajaran klinik di hampir semua pusat pendidikan profesi dokter diseluruh dunia. Mengingat masa pandemi yang tidak jelas kapan akan berakhir telah menimbulkan keresahan bagi mahasiswa dan pendidik klinis terkait keberlangsungan progaram pendidikan.  Penelitian survei ini bertujuan mengidentifikas kesiapan mahasiswa, dosen klinik, rumah sakit dan institusi penedidikan profesi kesehatan untuk memulai kembali kegiatan pembelajaran klinik yang sempat terhenti, dan metode yang dianggap paling sesuai dengan situasi pandemi COVID-19. Hasil penelitian berkesimpulan : (1) Pandemi COVID 19 adalah masalah global dan memberikan dampak aktivitas clinical teaching, (2) penundaan aktivitas clinical teaching yang telah berlangsung berbulan-bulan telah memberikan kekhawatiran bagi mahasiswa dan dosen dan merek ingin dapat segera memulai kegiatan tersebut, (3) proses kegiatan clinical teaching  dengan pemanfaatan teknologi dan adopsi kebiasaan baru mungkin bisa diaplisikan pada clinical teaching selama pandemi Covid 19 dan (4) perlu pengkajian dan persiapan sebelum pelaksanaan aktivitas clinical teaching berbasih on-line agar memberikan hasil yang positif  terhadap pendidikan kedokteran

Keywords


Covid-19, Pembelajaran Klinik, Pandemi

Full Text:

PDF

References


Arandjelovic A, Arandjelovic K, Dwyer K, Shaw C (2020) : COVID-19: Considerations for Medical Education during a Pandemic, MedEdPublish https://doi.org-/10.15694/mep.2020.000087.1

Dohety I, Mckimm J (2005) : e-Learning in clinical teaching, British journal of hospital medicine (London, England: 2005) • January 2010

Ferrel M N, Ryan J J (2020) : The Impact of COVID-19 on Medical Education. Cureus 12(3):e7492. DOI 10.7759/cureus.7492

Lim, E. C., Oh, V. M., Koh, D. R. and Seet, R. C. (2009) 'The challenges of "continuing medical education" in a pandemic era', Ann Acad Med Singapore, 38(8), pp. 724-6.

Pannelll CE, Chen SQ, Kluckow H, Wisely KM, Walker, B LD, (2020) Live streamed ward rounds – a tool for clinical teaching during the COVID-19 pandemic, The Medical Journal of Australia – Preprint – 25 May 2020

Park, S. W., Jang, H. W., Choe, Y. H., Lee, K. S., et al. (2016) 'Avoiding student infection during a Middle East respiratory syndrome (MERS) outbreak: a single medical school experience', Korean J Med Educ, 28(2), pp. 209-17

Robert C (2020) ; How medical education can help in a COVID-19 crisis, John Wiley & Sons Ltd and The Association for the Study of Medical Education. THE CLINICAL TEACHER 2020; 17: 241–243

Royal Australian College of General Practitioners (2020) New items for COVID-19 telehealth and phone services. AvailableAt : https://www.racgp.org.au/running a practice /practice -resources/medicare/medicare-benefits-schedule/new-itemsfor-covid-19-telehealth-services (Accessed: 30th June 2020).

Zuky NLA, Baharuddin KA, Rahim AFA (2020) : Online Clinical Teaching and Learning for Medical Undergraduates during the COVID-19 Pandemic: The Universiti Sains Malaysia (USM) Experience, Education in Medicine Journal. 2020;12(2):75–80. https://doi.org/10.21315/eimj2020.12.2.8




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License