Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di SMPN 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2020/2021

Atika Khovivah, Baby Ofi Nov Sanggam Panjaitan, Dini Ayu Fazira, Elvina Irawati Sihite, Monica Theresia, Nida Husnayaini, Putri Naomi Br. Purba, Rindi Ade Yulistiani, Rut Agustini Zebua, Tinezia Laurent Sitanggang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintang Bayu semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa khususnya pada materi cahaya melalui model discovery learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap sikulusnya terdiri dari tahap perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setiap sikus terdiri dari satu pertemuan dan data hasil belajar siswa diambil dari tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar, sebanyak 9 siswa atau sekitar 64,3% siswa dinyatakan tuntas dan sebanyak 5 siswa tidak tuntas atau sekitar 35,7%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan signifikan sebanyak 12 orang tuntas atau sekitar 85,7% dan sebanyak 2 orang tidak tuntas atau sekitar 14,3%, dari temuan yang diperoleh dapat disimpulkan bawah penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Bintang Bayu semester genap tahun ajaran 2020/2021.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Discovery Learning; Hasil Belajar; Cahaya

Full Text:

PDF

References


Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Model Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13 (2): 1-10.

Erlin, dkk. 2019. Meningkatkan Kualitas Interaksi Siswa dalam Diskusi Kelompok di Kleas Bahasa Inggris Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 13(1): 79-94.

Erwinda, dkk. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD INPRES 2 Kayumalue Ngapa. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako. 4 (1) : 59-65.

Furoidah, A., dkk. 2017. Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(3): 285-291.

Hamalik, O. 1994. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Dasar dan Strategi Pelaksanaan di Perguruan Tinggi. Bandung. Trigendi karya.

H Simatupang, A Hardinat, W Ningsih, F.R Dhani, A.A Josephin and Lismayadi.

The Effectiveness of Stem-Oriented Project and Mini-Research Teaching Materials in Improving Student Learning Outcomes at SMP 37 Medan. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1819, The 7th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education (AISTSSE)

Istiana, G.A, Saputro, A. N. C, & Sukardjo, J.S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4(2) : 65-73.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung. Alfabetha.

Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21, Surabaya:

Pustaka Media Guru, Cet, I.

Simatupang, H, & Purnama, D. 2019. Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: CV. Pustaka Media Guru.

Sudjana, N. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algesindo.

Widodo, H. 2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA). Jurnal Cendekia. 12 (2) : 293-307.

Yuliana, Nabila. 2018. Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 2(1): 21-28.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License