PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PHET SIMULATION

Noviadila Zahra Lubis, Silfi Indriani, Eka Sari Hutasoit, Maya Wulandari Br. Silitonga, Melisa Karen Br. Siringoringo, Putri Nuraini Delima, Tia Syahputri, Izmi Aisyah, Eriska Br. Tindaon, Septriyanti Sianturi

Abstract


Pendidikan efisien merupakan pendidikan dimana siswa mendapatkan keterampilan- keterampilan yang khusus, pengetahuan serta perilaku ialah pendidikan yang disenangi siswa. Tujuan pendidikan IPA ialah buat meningkatkan keahlian berpikir secara analitis, induktif, deduktif, serta kritis. Kurikulum 2013 dilihat dari sisi tujuan berbasis pada 4C yaitu communication, collaboration, critical thinking dan creativity.Berdasarkan hasil wawancara secara langsung dengan guru mata pelajaran IPA di  MTs Al Washliyah 2 Kisaran, penulis merangkum beberapa permasalahan yang muncul pada pembelajaran IPA materi energy dalam sumber kehidupan  di MTs Al Washliyah 2 Kisaran. Berdasarkan masalah yang ditemukan, salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan siswa dalam berpikir kritis dan hasil belajar dalam memahami konsep materi pembelajaran, yaitu model pembelajaran yang interaktif yakni model Discovery Learning menggunakan media pembelajaran Peth Simulation. Hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan media pembelajaran Phet Simulation pada mata pelajaran IPA materi energy di kelas VII Alwashliyah 2 Kisaran pada siklus I sebanyak 15 orang atau sekitar 66,1% tuntas dan sebanyak 9 orang tidak tuntas atau sekitar 33,9%.


Keywords


Berpikir Kritis, Discovery Learning,Phet Simulation

Full Text:

PDF

References


Hasrudin. (2009). Memaksimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1):3.

Hardinata, A., Simatupang, H., Hanifa, F.,

Latip, A., Efwinda, S., & Yogica, R. (2020). survey on the effectiveness of online lectures during covid-19 pandemic : METHODS AND DIFFICULTIES. Indonesian Science Education Research (ISER), 2(2), 7–12.

Maretasari, E., Subali, B., Hartono. (2012). Penerapan Model PembelajaranInkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untukMeningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. UPEJ, 3(1).

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Simatupang, H., Sianturi, A., & Alwardah, M.N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) untuk Menumbuhkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(4): 170-177.

Sitompul, N., Sihombing, S.A.A.S., & Manurung, S.R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil BElajar IPA Siswa SMP, Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (IPAFI), 8(2): 64-69.

Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Prenada Media.

Sudarmini, Y., Kosim, & Hadiwijaya, A.S. (2015). Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan LKS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Qamarul Huda Bagu Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 1(1).

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widjajanti, Endang. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. (Online), (staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/endang.../kualitas-lks.pdf, diakses pada tanggal 15 Maret 2021).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3849

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License