Pengaruh Perlakuan Dosis Pupuk Kandang Sapi Pada Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) di Pembibitan Utama

Saroha Manurung, Aulia Juanda Djaingsastro, Angelus Nababan

Abstract


Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) merupakan salah satu tanaman penghasil minyak nabati yang penting. Masalah yang sering dihadapi oleh petani kelapa sawit mandiri adalah ketersediaan benih berkualitas rendah yang terbukti memiliki daya tumbuh yang rendah. Hal ini disebabkan salah satunya, terutama dalam hal ketersediaan nutrisi. Pupuk organik merupakan alternatif penggunaan mikroorganisme tertentu dalam jumlah banyak untuk menyediakan unsur hara dan membantu pertumbuhan tanaman, salah satunya adalah pupuk kandang. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan perlakuan dosis kotoran sapi untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit. Pupuk organik merupakan alternatif penggunaan mikroorganisme tertentu dalam jumlah banyak untuk menyediakan unsur hara dan membantu pertumbuhan tanaman, salah satunya adalah pupuk kandang. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan perlakuan dosis kotoran sapi untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di wilayah penelitian universitas STIPAP Sumatera Utara Medan. Penelitian ini dilakukan di wilayah penelitian kampus STIPAP Medan Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dimulai dari bulan April sampai Juli 2018. Penelitian menggunakan RAK Non Faktorial (Desain Leluhur Kelompok), dengan 4 perlakuan, dan 6 ulangan sehingga jumlah bibit sebanyak 24 bibit. Dengan susunan taraf perlakuan yaitu : S0 : Kontrol (Pupuk NPK 16:16:16), S1 : Pupuk Kandang Sapi (Dosis 600gr/polybag), S2 : Pupuk Kandang Sapi (Dosis 1,5kg/polybag), S3 : Sapi Pupuk Kandang (Dosis 2,4kg/polybag). Hasil perlakuan dosis kotoran sapi dengan kontrol pupuk NPK tidak berpengaruh nyata terhadap semua parameter yang diamati. Pada perlakuan S2 (1,5 kg/polybag) dosis terbaik kotoran sapi ditunjukkan dengan pengaruh tertinggi terhadap tinggi benih yaitu 52,38 cm, dan pengaruh tertinggi pada jumlah daun 12,17 helai, dan batang 11,85 cm. berat basah 111,48 gram dan berat kering 30,05 gram

Keywords


Kelapa Sawit, Pembibitan Utama, Pupuk Kandang

Full Text:

PDF

References


Efendi Lubis, Rustam dan Agus Widanarko, SP. 2011. Buku Pintar Kelapa Sawit. AgroMedia Pustaka. Jakarta. Pahan Iyung, 2014. Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta.

Pardamean, Maruli. 2014. Mengelola Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit secara Propesional. Penebar Swadaya, anggota Ikapi. Edisi I, Jakarta.

Pribadi, A. 2017. Respon Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Varietas D×P Simalungun pada Tanah Salin Dengan Penambahan Asam Humat. Tugas Akhir. Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan Medan.

Safitri Adnan, Indah., Bambang Utoyo dan Any Kusumastuti. 2015. PengaruhPupuk NPK dan Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Main Nursery.

Jurnal AIP Volume 3 No. 2. Politeknik Negeri Lampung, Bandar Lampung. Segara Bayu., Heniyati Hawalid dan Yopie Moelyahadi. 2015.

Pengaruh komposisi media tanam dan pupuk npk majemuk terhadap partumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.) pada stadia pre nursery. KLOROFIL X - 2 : 68 – 75. Universitas Muhammadiyah, Palembang.

Setyamidjaja, Djoehana. 2006. Seri Budi Daya Kelapa Sawit. Kanisius. Yogyakarta.

Stephanus Romunta Sinulingga, Ebet., Jonatan Ginting*, T.Sabrina. 2015. Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati Cair dan Pupuk NPK Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery. Jurnal Online Agroekoteknologi No 2337- 6597 Vol.3, No.3 : 1219 – 1225. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sulistyo DH, Bambang dkk. 2010. Budi Daya Kelapa Sawit. PT. Balai Pustaka (Persero). Jakarta.

Sunarko. 2014. Budidaya Kelapa Sawit di Berbagai Jenis Lahan. PT AgroMedia Pustaka. Jakarta Selatan

Tim Bina Karya Tani. 2009. Tanaman Kelapa Sawit. Cv.Yrama Widya. Bandung




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License