Analisis Penerapan Tugas Berbasis Riset Pada Mata Kuliah Etnobiologi

Abdul Rasyid Fakhrun Gani, Wina Dyah Puspita Sari, Hanifah Ariqoh, Muhammad Ruskhan Fauza, Syadilah Ramadani Siregar

Abstract


Pembelajaran di perguruan tinggi harus dapat meningkatkan berbagai keterampilan mahasiswa, sehingga pembelajaran dilaksanakan berbasis penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan tugas dan hasil penilaiannya pada mata kuliah Etnobiologi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Negeri Medan. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Etnobiologi yang berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian analisis yang menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Peneltian ini dilaksanakan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, analisis dan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang di analisis adalah penilaian tugas mahasiswa, wawancara dosen dan mahasiswa, dan analisis RPS.  Hasil pada penelitian ini adalah penerapan tugas sudah dilakukan dengan sangat baik ditunjukkan dengan ketepatan materi dan pengumpulannya yang sesuai dengan RPS. Penugasan mahasiswa juga dalam kategori sangat baik tetapi tidak semua mahasiswa dapat mempertanggungjawabkan tugasnya dengan baik. kesimpulannya adalah penerapan tugas pada mata kuliah etnobiologi sudah baik tetapi masih dibutuhkan pengembangan bahan ajar yang dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan mahasiswa.

Kata Kunci : Etnobiologi, Mahasiswa, Riset, Tugas.

Keywords


Analisis, Penerapan, Tugas Berbasis Riset, Etnobiologi

Full Text:

PDF

References


Archila, P. A., Molina, J., & de Mejía, A. M. T. (2020). Introducing Undergraduates to the Nature of Science Through the Co-construction of Evolutionary Trees Evidence from a University Biology Course. Research in Science Education, 50(5), 1917–1942. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9758-z

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII . PT Rineka Cipta.

Bunt, B., & Gouws, G. (2020). Using an artificial life simulation to enhance reflective critical thinking among student teachers. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00119-6

Christensen, D., & Lombardi, D. (2020). Understanding Biological Evolution Through Computational Thinking: a K-12 Learning Progression. Science and Education, 29(4), 1035–1077. https://doi.org/10.1007/s11191-020-00141-7

Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. 4(24), 37–49.

Dorfman, B. S., Issachar, H., & Zion, M. (2020). Yesterday’s Students in Today’s World—Open and Guided Inquiry Through the Eyes of Graduated High School Biology Students. Research in Science Education, 50(1), 123–149. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9683-6

Gani, A. R. F., & Arwita, W. (2020). Kecenderungan Literasi Informasi Mahasiswa Baru Pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 145–150. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/pelita/index

Gani, A. R. F., Arwita, W., Syahraini, S., & Daulay, N. K. (2020). Literasi Informasi Dalam Tugas Mini Riset Mahasiswa Baru Jurusan Biologi Pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(3), 174–180.

Gani, A. R. F., Zaimah, U., & Wulandari, S. R. (2020). Studi Literatur Upaya Meningkatkan Literasi Informasi Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Selama Belajar Daring Efek Covid-19. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 6(2), 129–136.

Juwita, F. I., Widayati, A., & Istyastono, E. P. (2020). The Use Of Internet And Social Media For Drug Information Services In Pharmacies In Yogyakarta Province: A Study Of Asthma Care. Jurnal Farmasi Sains Dan Komunitas, 17(1), 59–68.

Lubis, A. F. (2020). Manajemen Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Kkni) Di Perguruan Tinggi Islam. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 28–40. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i2.1248

Mahanal, S. (2014). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(September), 1–16.

Nugrahadi, E. W., Maipita, I., Ane, L., & Putra, P. D. (2018). Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis Kkni Di Fakultas Ekonomi Unimed. Niagawan, 7(1), 8–13. https://doi.org/10.24114/niaga.v7i1.9349

Rengganata, S., Kantun, S., & Sukidin. (2020). Benefits of literation information against improvement of mushroom agriculture in Rambipuji, Jember District. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012081

Rezeqi, S., Brata, W. W. W., Handayani, D., & Gani, A. R. F. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Taksonomi Organisme Tingkat Rendah Terhadap Capaian Pembelajaran Berbasis KKNI. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(2), 080–086.

Rezeqi, S., Nasution, A., Gani, A. R. F., Ginting, E. B., & Ginting, E. (2020). Evaluasi Aplikasi Berbasis Power Point Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Metode Etnobiologi. BEST Journal (Biology Education, Science & Technology), 3(2), 263–269.

Silitonga, B. I. A., Gani, A. R. F., & Silitonga, M. (2021). Analysis of Students Science Process Skills on Digestive System Learning Using The 7E Learning Cycle Model. Jurnal Pelita Pendidikan, 9(2), 50–56.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Tarchi, C., & Mason, L. (2020). Effects of critical thinking on multiple-document comprehension. European Journal of Psychology of Education, 35(2), 289–313. https://doi.org/10.1007/s10212-019-00426-8

Tseng, S. S. (2020). Using Concept Mapping Activities to Enhance Students’ Critical Thinking Skills at a High School in Taiwan. Asia-Pacific Education Researcher, 29(3), 249–256. https://doi.org/10.1007/s40299-019-00474-0

van der Hoeven, D., Truong, T. T. L. A., Holland, J. N., & Quock, R. L. (2020). Assessment of Critical Thinking in a First-Year Dental Curriculum. Medical Science Educator, 30(1), 367–374. https://doi.org/10.1007/s40670-020-00914-3

Weiss, A. P., Alwan, A., Garcia, E. P., & Garcia, J. (2020). Surveying fake news: Assessing university faculty’s fragmented definition of fake news and its impact on teaching critical thinking. International Journal for Educational Integrity, 16(1), 1–30. https://doi.org/10.1007/s40979-019-0049-x

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan Dengan Tema “isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21, Oktober, 1–17




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3949

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License