Profil Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Program Studi Pendidikan Biologi Angkatan 2018 Universitas Negeri Medan

Dina Fitriyani Saragih, Halim Simatupang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 FMIPA Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember-Maret 2020 di Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif campuran dengan strategi eksplanatoris sekunsial dan teknik pengambilan sampel yairu random sampling sebanyak 109 mahasiswa.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik statistik untuk data kuantitatif dan analisis interaktif untuk data kualitatif dengan mengikuti konsep yang dikemukakan Niels dan Huberman yang meliputi tiga alur kegiatan yaitu data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen kuisioner, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 berdasarkan empat komponen yaitu keterampilan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata 78,60% (Baik), keterampilan berfikir kreatif memiliki nilai rata-rata 72, 94% (Baik), keterampilan komunikasi memiliki nilai rata-rata 75,92 (Baik) dan keterampilan kolaborasi memiliki nilai ratarata 83,81% (Baik). Secara keseluruhan, Profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 FMIPA Universitas Negeri Medan terkategorikan dengan baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 berdasarkan empat komponen yaitu keterampilan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata 78,60% (Baik), keterampilan berfikir kreatif memiliki nilai rata-rata 72, 94% (Baik), keterampilan komunikasi memiliki nilai rata-rata 75,92 (Baik) dan keterampilan kolaborasi memiliki nilai ratarata 83,81% (Baik). Secara keseluruhan, Profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 FMIPA Universitas Negeri Medan terkategorikan dengan baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 berdasarkan empat komponen yaitu keterampilan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata 78,60% (Baik), keterampilan berfikir kreatif memiliki nilai rata-rata 72, 94% (Baik), keterampilan komunikasi memiliki nilai rata-rata 75,92 (Baik) dan keterampilan kolaborasi memiliki nilai ratarata 83,81% (Baik). Secara keseluruhan, Profil keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah metodologi penelitian program studi pendidikan biologi angkatan 2018 FMIPA Universitas Negeri Medan terkategorikan dengan baik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License