Pengaruh Media Pembelajaran Dalam Tatanan Model Guided Inquiry Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Dian Perayanti Sinaga, Irwan Lihardo Hulu

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis android talam tatanan model Guided Inquiry terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia dikelas XI SMA YPK Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 105 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sample dilakukan secara random, dengan menggunakan cluster random sampling diperoleh 2 kelas yaitu XI MIPA 1 (35 orang) dan XI MIPA 3 (35 orang) sehingga jumlah sample sebanyak 70 orang. Analisis data dilakukan dengan menentukan uji normalitas, homogenitas, uji validitas dan reabilitas, dan hipotesis dibultikan dengan uji t. pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas ekperimen sebesar 89,29. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 88,57. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung (2,53)> ttabel (1,66), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh media pembelaaran berbasis Android dalam tatanan model Guided Inquiry terhadap hasil belajar pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiatar Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil keseluruhan angket media pembelajaran berbasis android menunjukkan hasil pernyataansangat setuju 40,42%, pernyataan setuju sebesar 50,55% dan selebihnya siswa memilih opsi pernyataan lainnya sebesar 9,03% dan hasil angket media pembelajaran berbasis Android menunjukkan bahwa indikator media dapat memudahkan siswa mencapai nilai tertinggi sebesar 20,35% dan indikator terendah sebesar 1,07%.

Keywords


Android, Model Guided Inquiry, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Darmawanti. (2019). Menjadi Guru Profesional Di Era Digital. Agupena Baru.

Sanjaya , Wina (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana Media Group.

Sanjaya, Wina (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group.

Sudjana, Nana (2005) Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License