Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kutalimbau Tahun 2021

Lili Suryani Tumanggor, Putra Dearst

Abstract


Untuk mengetahui Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kutalimbau Tahun 2021. Desain penelitian ini eksperimental  dengan rancangan one groups pretest post test design. Subjek penelitian adalah penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kutalimbau sebanyak 18 responden dengan purposive sampling. Hasil uji statistic dengan paired t test menunjukkan nilai p-value 0,000 yang berarti kurang dari < 0,005, sehingga keputusan hipotesis Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kutalimbau Tahun 2021.

Keywords


Teknik Relaksasi Nafas, Tekanan Darah, Hipertensi

Full Text:

PDF

References


American Heart association, 2013, Heart Disease & Stroke Statistics- 2013 Update, American Heart Association, Texas

Anggara F.H.D. dan Nanang P., 2013, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tekanan Darah di Puskesmas Telaga Murni Cikarang Barat Tahun 2012 Jurnal Ilmiah Kesehatan, Volume 5, No. 1, hlm: 20-25.

Arfa, M., 2014, Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam terhadap Penurunan Nyeri pada Pasien Post-Operasi Appendisitis di Ruangan Bedah RSUD Prof. Dr. Hi. Aloei Saboe Kota Gorontalo, Teis, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.

Balitbangkes Departemen Kesehatan RI, 2008, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2012)- Laporan Provinsi Jawa Tengah, departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Balitbangkes Departemen kesehatan RI, 2008, Riset Kesehatan Dasar – Riskesda 2010 Kemenkes RI, Jakarta

Behrman, R.E., R.M. Kliegman, A.M. Arvin, 2012, Ilmu Kesehatan Anak Nelson Ed 15, EGC, Jakarta

Bowman, T.S., J.M. Gaziano, J.E. Buring, H.D. Sesso, 2007, Aprospective Study Of Cigarette Smoking and Risk of Incident Hypertension in Women, JACC, Volume 50, No. 21. November 2007

Brashers, V.L., 2013, Aplikasi Klinis Patofisiologi : Pemeriksaan & manajemen, Ed. 2, EGC, Jakarta

Brunner dan Suddart, 2012, Keperawatan Medikal Bedah- Vol. 2 Ed. 8, EGC, Jakarta

Bustan, M.N., 2012, Epidemiologi Penyakit Tidak Menular, Rineka Cipta, Jakarta.

Dharmeizar, 2012, Hipertensi, Medicinus-Scientific journal of Pharmacuetical Development and Medical Aplication, Volume 25, No. 1, hlm: 3-8.

Dinas Kesehatan Kota Semarang, 2011, Laporan Rekapitulasi Kasus PTM Per Rumah Sakit Tahun 2011, Dinkes Kota Aemarang, Semarang.

Harmono, R., 2010, Pengaruh Latihan Otot Progresif Terhadap Penurunan Tekanan Darah Klien Hipertensi Primer di Kota Malang, Tesis, Program Study Megister Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok.

Kamaludin, R., 2010a, Pengalaman Pasien Hipertensi Yang Menjalani Terap Alternatif Komplementer Bekam di Kabupaten Bayumas, tesis,

Program Megister Keperawatan Medikal Bedah Universitas Indonesia, Depok.

Mycek, M.J., Harvey, dan P.C. Champe,2012, Farmakologi, Ed. 2, Widya Medika, Jakarta.

Ramayulis, R., 2011, Menu dan Resep untuk Penderita Hipertensi, Penebar Plus, Jakarta.

Sani, A., 2008, Hypertension, Medya Crea, Jakarta.

Shanty, M., 2011, Silent Killer Diseases−Penyakit yang Diam-diam Mematikan, Javalitera, Yogyakarta.

Sugiharto, A., 2007, Faktor-faktor Risiko Hipertensi Grade II pada Masyarakat−Studi Kasus di Kabupaten Karanganyar, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Tambayong, J., 2000, Patofisiologi untuk Keperawatan. EGC, Jakarta.

Wardani Wisnu Dian., 2015, Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam sebagai Terapi Tambahan terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Pasien

Hipertensi Tingkat 1 (Studi Kasus di Instalasi Rawat Jalan Poli Spesialis Penyakit Dalam RSUD Tugurejo Semarang), Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License