Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Kepatuhan Terapi Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di Poli DM RSU Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara Tahun 2020

Viktor Edyward Marbun

Abstract


Diabetes mellitus tipe 2 adalah sekelompok penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia, karena sekresi insulin yang tidak normal, kerja insulin atau keduanya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada bulan Januari hingga November 2019, rata-rata setiap bulan terdapat 48 pasien rawat jalan di poli DM di RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh umur, jenis kelamin, pendidikan, pengetahuan, motivasi, dan dukungan keluarga terhadap kepatuhan terapi pada penderita Diabetes Mellitus tipe 2 di RSUD DM Meutia Aceh Utara Tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasi dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah 180 accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis unvariat, bivariat dan multivariat. Hasil analisis bivariat didapatkan bahwa faktor kepatuhan terapi pada penderita DM adalah umur (p value = 0,000), jenis kelamin (p value = 0,032) pendidikan (p value = 0,009) pengetahuan (p value = 0,000), motivasi ( p value = 0,000) ), dan dukungan keluarga (p value = 0,000). Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor yang mempengaruhi kepatuhan terapi pada penderita diabetes mellitus di RSUP DM Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara tahun 2020 yang didapatkan nilai P-value < 0,05. Variabel tersebut adalah pengetahuan p value 0,03 motivasi p value 0,000, dan dukungan keluarga p value 0,003

Keywords


Diabetes Melitus, Kepatuhan, Terapi

Full Text:

PDF

References


American Diabetes Association (ADA). 2018. Standards of Medical Care in Diabetes-2018. The Journal of Clinical and Applied Research and Education. Volume 41.

Ardanti, R.F. 2016. Hubungan Persepsi Dukungan Keluarga terhadap Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Diabetes Melitus di Puskesmas 1 Gamping. Yokyakarta: FKIK UMY.

Badan Pusat Statistik Banda Aceh, (2017). Banda Aceh dalam Angka tahun 2016. Banda Aceh. Badan Pusat Statistik Banda Aceh.

Bistara, Ainiyah. 2018. Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Melitus di Posyandu Lansia Cempaka Kelurahan Tembok Dukuh Kecamatan Bubutan Surabaya. Journal Ilmiah kesehatan. Vol. 13 No.1.

Hakim, D. 2018. Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi: Pendidikan, Penghasilan dan Fasilitas dengen Pencegahan Komplikasi Kronis pada Penyandang Diabetes Melitus Tipe 2 di Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiayah Surakarta.

Hannan, dkk. 2018. Promosi Kesehatanengan Model Sesama Berpengaruh terhadap Kepatuhan Makan Pasien DM Tipe 2. Journal Ilmiah Ilmu Kesehatan. Vol. 6. No




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License