Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Monera

Cyntia Maisari, Hendro Pranoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase ketuntasan belajar, analisis kesulitan belajar serta penyebab kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi monera. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kunatitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri 142 siswa. Sampel penelitian berjumlah 45 siswa dan diambil menggunkan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami ketidaktuntasan belajar dengan presentase sebesar 26,66%. Kesulitan belajar tertinggi terdapat pada indikator menyelidiki reaksi tubuh yang terinfeksi oleh bakteri sebesar 66,66%, dan kesulitan belajar terendah terdapat pada indikator memprediksi bentuk bakteri penyebab penyakit kolera sebesar 33,33%. Penyebab kesulitan belajar yang tertinggi pada indikator kebiasaan siswa dalam belajar sebesar 67,09% dan terendah pada indikator sifat dari materi pelajaran monera sebesar 53,40%.


Keywords


Kesulitan Belajar, Monera

Full Text:

PDF

References


Anugrahana. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10 (3): 282-289.

Arfianti, F., Lufri., Farida. (2014). Kontribusi Gaya Mengajar, Komunikasi dan Interaksi Guru Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII IPA SMA di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Biologi Kolaboratif, 1 (3): 42- 50.

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., & Dewi, L.W. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. Jurnal Bioedukasi, 9 (1): 1-13.

Ariyati, E. (2010). “Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa”. Jurnal Matematika dan IPA, 1 (2): 1- 11.

Auliyani, A., Hanum, L., & Khaidun, I. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Siswa Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Dengan Menggunakan Three tier Multiple Choice Diagnostic test Di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2 (1): 55-64.

Çimer, A. (2012). What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students’ views. Educational Research and Reviews, 7 (3): 61–71.

Desti. (2018). Pengaruh Model TGT Berbantuan Leaflet Pada Materi Monera Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa, 7 (7): 1-11.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Doran. R., Chan. F., & Tamir. P. (1998). Science Educator Guide to Assessment. National Science Teachers Association. Arlington, Virginia.

Etobro, A., & Fabinu, O. (2017). Students’ Perceptions Of Difficult Concepts In Biology In Senior Secondary School In Lagos State, Nigeria. Global Journal Of Educational Research. 16: 139-147.

Fauzi, A. & Mitalistiani. (2018). High School Biology Topics That Perceived Difficult By Undergraduate Students. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2): 73-84.

Hadiprayitno, G., Muhlis., Kusmiyati. (2019). Problems In Learning Biology For Senior High School In Lombok Island. Prosiding The International Seminar on Bioscience and Biological Education.

Jago, H. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum dan Asesmennya Pada Konsep Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas

XI. Jurnal VOX Edukasi, 1 (2): 29-39.

Jayawardana, H. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1): 12-17.

Noviati, W. (2020). Kesulitan Pembelajaran Online Mahasiswa Pendidikan Biologi Di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1): 7-9.

Rahmadani, ST., Jamaluddin., Zulkifli, L. (2015). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi dan Instrumen Penilaian Kinerja Praktikum Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif dan Efektivitasnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA Kelas XI. Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1 (2): 1-13.

Rahmayani., Sinambela, M., Rosida. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI MIA SMA Negeri 16 Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2): 55-65.

Rahmiati, P.P., Arsyad, St.W., Kaspul. (2019). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mipa 4 SMAN 4 Banjarmasin Pada Konsep Archaebacteria Dan Eubacteria Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 4 (3): 584-588.

Raida, S., A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Sulit Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal Of Biology Education, 1(2): 209-222.

Ritonga, N. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Pada Materi Pokok Sistem Pernapasan Manusia di SMP Abdi Negara Asam Jawa. Jurnal Wahana Inovasi, 5 (2): 409- 415.

Samben, S. (2014). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Eklektika, 2 (1): 60-66.

Sani, Y., Sari., N., Harahap. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Biologi Di Kelas XI SMA Muhammadiyah-10 Rantauprapat. Jomas, 1 (3): 13- 20.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2 (2): 68-73.

Sugihartono., Fathiyah, K., Harahap, F. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidkan Fisika.

Jakarta: Grasindo.

Zamzami., Sakdiah & Nurbaiza. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Dedikasi Pedidikan, 4 (1): 123-133.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License