Inventarisasi Spesies Kelas Cephalopoda Dalam Pembuatan Modul Bagi Mahasiswa FKIP UISU Medan

Arifin Ritonga, Yusri Fefiani, Pandu Prabowo Warsodirejo

Abstract


Cephalopoda adalah kelas dalam filum Mollusca yang memiliki kemampuan berjalan dengan menggunakan perut seperti yang dimaksud dalam ayat di atas. Allah SWT menciptakan segala sesuatu tidaklah sia-sia, melainkan ciptaan-Nya tersebut pasti memiliki peran dan manfaat terutama untuk kehidupan umat manusia. Media pembelajaran modul dirancang dan dibuat sebagai sumber belajar bagi siswa maupun guru untuk membantu dalam proses mencapai tujuanpemebelajaran. Tujuan dari pembelajaran dengan menggunakan media modul pembelajaran yakni untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran denganmenggunakan modul dan untuk mendeskripsikan tentang faktor-faktor yangmendukung dan menghambat pada pelaksanaan pembelajaran. Dari hasil inventarisasi Cephalopoda yang dikumpulkan dan diperoleh adalah : (a) Pantai Cermin Octopus sebanyak 7 ekor, Loligo  sebanyak 0 ekor, kemudian Pantai Mangrove Sergai Octopus 9 ekor, Loligo 4 ekor. Dengan indeks kekayaan jenis (H) adalah 0,14% di Pantai Cermin dan 0,11%. Dengan rata-rata panjang tentakel yaitu Octopus 19,15 cm, dan Loligo 14,7 cm. Dengan penilaian mahasiswa dari 3 aspek diperoleh Efek Strategi Pembelajaran 86,94%, Komunikasi 83,06%, dan Desain Teknis 86,04%.


Keywords


Spesies Cephalopoda, Inventarisasi, Modul

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo.(2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung

Depdiknas. (2008:123). Kulikulum tingkat satuan pendikan. Jakarta: dikmenum. Depdiknas.

Hamadani. (2011:22:220). Strategi belajar mengajar. Bandung: pustka setia.

Hamzah B. Uno;(2007),Modul Pembelajaran, Jakarta Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara.

Mulyasa. E.(2004:34). Kulirikulum berbasis kompentensi. Bandung: penerbit rosda karya.

Mustaji. (2008:30:32). Penelittian teknologi pemebelajaran. Universitas Negeri Surabaya.

Rrs.Adun rusyana, M.Pd. (2016:142). Zoologi invertebrata. Alfabeta Bandung.

Nuryani y. Ruataman. (2005:5). Strategi belajar mengajar. Bandung

Suhardi. (2010:50). Strategi belajar mengajar.Universitas pakuan bogor.

Suhardi.(2007). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta: Jurdik Biologi FMIPA UNY.

Sukiman. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran.Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.

Susilana cepi riyana. (2008:130). Media pembelajaran. Bandung. Cv. Wacana. Prima.

Suginyo,s, widigdo,B.(2005:60). Anvertebrta bintang air. Jakarta.

Suryaningsih, Nunik Setiyo. 2010. Pengembangan media cetak modul sebagai media pembelajaran. Jakarta.

Trianto; 2007, Modul-Modul Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher

Yusuf Kastawi,(2005:120) Zoologi Avertebrata, Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS),

Winkel, W.S. (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License