Factors Related To The Event of Scabies

Fitri Apriani, Alfi Syahri, Siti Damayanti

Abstract


Prevalensi skabies pada tahun 2020 paling banyak terdapat di kecamatan Seunagan yaitu di daerah Krung Ceuko. Hal ini terjadi pada masyarakat dengan pemukiman padat dan kurangnya pemahaman atau edukasi tentang penyakit skabies ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian skabies. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah 36 penderita skabies. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Chi-square (X2) dengan < 0,05. Hasil: Hasil analisis p-value pengetahuan dengan kejadian skabies (0,000), sikap dengan kejadian skabies (0,038), personal hygiene dengan kejadian skabies (0,003) dan sanitasi lingkungan dengan kejadian skabies ( 0,022). Kesimpulan: Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian skabies di desa Krung Ceuko, disarankan dapat mencegah terjadinya skabies di masyarakat, dengan mencari informasi dan pemahaman tentang skabies bagi masyarakat

Keywords


Pengetahuan, Sikap, Personal Hygiene, Penyehatan Lingkungan, Scabies

Full Text:

PDF

References


Al Audhah, N., Rahmah Umniyati, S. dan Ser Siswati, A. 2013. Faktor resiko skabies pada siswa pondok pesantren (Kajian di Pondok Pesantren Darul Hijrah, Kelurahan Cindai Alus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Buski.

Aminah Pratiwi, 2015. Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan, Jakarta: Selemba Medika.

Arifin, 2014. Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Resiko Skabies di Kelurahan Fajar Bulan.

Djuanda A. (2010). Scabies. In Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. Edisi Kelima. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Imartha, A. G. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Skabies di Pondok Pesantren Jabal An-Nur Al-Islami Kecamatan Teluk Betung Barat Kota Bandar Lampung.

Kozier. 2011. Fundamental Keperawatan Konsep, proses dan praktik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Linuwih. 2016. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi Ketujuh. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Muda, D. 2020. Dua Penyebab Utama Warga Nagan Raya Alami Scabies. Diakses 3 Maret 2020, dari http://www.ajnn.net/news/dua-penyebab- utama-warga-nagan-raya-alami-scabies/index.html.

Muda, D. 2020. Warga Alami Gatal-Gatal Disertai Kudis, Dinkes Nagan Raya Duga Scabies. Diakses 3 Maret 2020. dari https://www.ajnn.net/news/warga-alami-gatal-gatal-disertai-kudis- dinkes-nagan-raya-duga-scabies/index.html.

Naftassa, Z. & Putri, T. R.2018. Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Terhadap Kejadian Skabies pada Santri Pondok Pesantren Qotrun Nada Kota Depok. Biomedika.

Ni'mah, N, & Badi'ah, A. (2017). Hubungan Perilaku Personal Hygiene Dengan Kejadian Scabies Pada Santri Putra Dan Putri Di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Sewon Bantul Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas' Aisyiyah Yogyakarta).

Ridwan, A. R., Sahrudin, S., & Ibrahim, K. 2017. Hubungan pengetahuan, personal hygiene, dan kepadatan hunian dengan gejala penyakit skabies pada santri di Pondok Pesantren Darul Muklisin Kota Kendari 2017.). Jimkesmas Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No.6/ Mei 2017

Siswono. 2015. Pedoman Umum Program Pemberatasan Penyakit Lingkungan: Dep.Kes RI. Jakarta Sity, H & Ronny, PH. 2010 Skabies dalam : Adhi D, Mochtar H, Siti A, Editor. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi Keenam. Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Walton, S. F. (2010). The immunology of susceptibility and resistance to scabies.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License