Rancang Bangun E-Atlas Histologi menggunakan Digital Image Creator For Miroscope (DIGICOM) sebagai upaya adaptasi kebiasaan Baru

Sriyadi ,, Ria Ika Maharani

Abstract


Salah satu aktivitas yang dilakukan di Laboratorium Biologi FMIPA UNNES adalah kegiatan Praktikum Struktur Jaringan Hewan. Kegiatan praktikum membutuhkan  mikroskop  untuk  mengamati objek preparat secara mendetail, dan Atlas Histologi sebagai pendukung pembelajaran. kebijakan kuliah daring menyebabkan  praktikan tidak dapat  datang ke laboratorium  dan mereka tidak bisa menggunakan Atlas dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini, menantang  peneliti  untuk merancang media pembelajaran berupa E-Atlas Histologi.  E-Atlas Histologi disusun menggunakan  Digital Image Creator for Optical Microscope (Digicom) dalam format pdf dan terdiri dari 15 bab.  seluruh file Atlas  diunggah di https://drive.google.com. tahap selanjutnya adalah mengubah Link URL Atlas Histologi  pada google drive menjadi  Short link menggunakan bitly.com. Short link digunakan dengan tujuan memudahkan mahasiswa/praktikan  mengingat URL atau link yang panjang  menjadi link pendek yang mudah dihafal. sehingga E-Atlas Histologi dapat diakses dengan mudah secara online oleh praktikan baik melalui sosial media atau website jurusan biologi FMIPA UNNES. Hasil evaluasi  Ahli materi terhadap kualitas E-Atlas Histologi mendapatkan kategori sangat baik dan layak digunakan. Berdasarkan Hasil pengujian keberfungsian (blackbox)  E-Atlas Histologi  menggunakan Digital Image Creator For optical Miroscope (DIGICOM) berfungsi dengan baik dan dapat dijadikan  sumber belajar pendukung praktikum secara virtual.

Keywords


Rancang Bangun, E-Atlas Histologi, Digital Image Creator for Optical Microscope (Digicom), Google drive. Short link

Full Text:

PDF

References


Alvian., Yulianto, A., & Subali, B. (2017). Desain Alat Peraga Digital Image Creator For Optical Microscope ( DIGICOM ) dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta didik. Unnes Physics Education Journal, 6(3), 32-37.

Ambarwati R (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI C SDN 004 Tembilahan Kota. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 6 (1), 276-285

Anggelina, 2013. Analisis Kelayakan Multimedia Interaktif Biologi SMA Pada Materi Sel, Jaringan Tumbuhan, Jaringan Hewan, Sistem Gerak Manusia, dan Sistem Peredaran Darah. Journal Formica Education Online. Vol 1 no 1

Annisa Ratnasari, 2013. Makalah Majemen laboratorium. Makalah yang disampaikan dalam Workshop “How to be a Good Laboratory With a Professional Management” di SMK N 1 Depok Sleman, 19 Juli 2013.

Eroschenko, VP. 2017. Atlas Histologi DiFiore dengan korelasi Fungsional. EGC : Jakarta

Eroschenko, VP. 2017. Atlas of Histology with Functional Correlation.13th Ed. USA

Kusuma RD, Fatchur R & Istamar S. (2018). Pengembangan Atlas Keanekaragaman Hayati Berbasis Potensi Lokal untuk SMK Jurusan Pertanian. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3 (3), 296-301

Nawang, M. Kurniaawati, L. dan Duta, D. 2017. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Barang Berbasis Dekstop dengan Model Waterfall. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. 13(2), 233-238.

Prastyo, 2019. Implementasi Quick Response (QR) Code Pada Dokumen Instruksi Kerja Alat Laboratorium Kimia. JPLP. 48-53

Rusmanto Maryanto. (2015). Aplikasi Andorid Untuk Bisnis Anda. Hämtat frå. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=l WiwBgAAQBAJ&printsec=frontcove r&hl=id#v=onepage&q&f=false den/

Semihardjo, Halim. 2013. Buku Panduan Praktikum Histologi. EGC : Jakarta

Subowo. 2009. Histologi Umum Edisi 2. CV Sagung Seto: Jakarta

Suyanta, 2010. Manajemen Operasional Laboratorium. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Zakaria, 2019. Pengertian Google drive beserta fungsi dan fitur google drive yang prlu diketahui. diakses 24 April 2019 pada https://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-google-drive/




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License