Pengaruh Mobilisasi dan Masase Kulit Pada Pasien Stroke Terhadap Terjadinya Luka Dekubitus di Rumah Sakit Umum Sembiring Deli Tua

Adi Arianto, Dewi Tiansa Barus, Daniel Suranta Ginting

Abstract


Penyakit stroke menyebabkan pasien mengalami gangguan mobilisasi yang menyebabkan pasien harus tirah baring yang terus menerus sehingga memungkinkan terjadinya luka tekan yang diakibatkan dari adanya tulang yang menonjol pada tubuh pasien serta kelembaban pada kulit. Pencegahan dekubitus sejak dini merupakan tanggung jawab utama perawat, salah satunya adalah melakukan intervensi keperawatan mengubah alih baring dan masase kulit yang bertujuan untuk mempertahankan fungsi dari berbagai sistem dan mempertahankan integritas kulit. Penelitian ini mengunakan rancangan Quasy Eksperiment dengan desain One Group Pre test – Post test.  Populasinya adalah seluruh pasien stroke yang dirawat di RSU SEMBIRING Deli Tua. Responden dalam penelitian ini sebanyak 16 orang. Analisa data dilakukan secara bertahap yaitu analisa univariat untuk mengetahui karakteristik responden dan analisa bivariat untuk melihat pengaruh antara variabel dependent dan independent dengan menggunakan Uji One Sample T. Test. Kemudian didapatkan hasil nilai p value sebesar = 0,000 < α = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan mengubah alih baring dan masase kulit pada pasien stroke dapat mencegah terjadinya luka dekubitus. Berdasarkan penelitian yang diperoleh ini bahwa adanya pengaruh intervensi alih baring dan masase kulit yang signifikan pada pasien stroke terhadap terjadinya luka dekubitus di RSU SEMBIRING Deli Tua

Keywords


Mobilisasi, Masase Kulit, Pasien Stroke, Luka Dekubitus

Full Text:

PDF

References


Ariani, April. T. ( 2011 ). Sistem Neurobehaviour. Jakarta: Salemba Medika.

Arikunto, S. ( 2006 ). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekaputra, E. ( 2010 ). Evolusi Manajemen Luka. Cetakan. 1. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Ernawati, Y. ( 2007 ). Pemberian Posisi Miring 30º Terhadap Pencegahan Terjadinya Luka Grade I Pada Tn. D. Dengan Stroke Non Hemoragik Di Bangsal Anggrek RSUD. Sukoharjo. Surakarta: Program Studi D III Keperawatan Stikes Kusuma Husada. Diakses 20 Maret 2010, Http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id/files/disk1/14/01-gdl-yuniernawa-687-1-yuniern-i.pdf. Hal. 24 - 26.

Hidayat, Alimul. A. ( 2006 ). Kebutuhan Dasar Manusia. Cetakan. 1. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, Alimul. A. ( 2010 ). Metodelogi Penelitian Keperawatan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Mulyatsi, E & Ahmad, A. ( 2008 ). Petunjuk Perawatan Pasien Pasca Stroke Di Rumah. Cetakan. 1. Jakarta: FKUI.

Martini, D. ( 2009 ). Jurnal Kesehatan: The Impact Of The Lying Change In Protecting The Risk Of Dekubitus On The Stroke Patients At RSUD. Banyumas. Diakses 20 Maret 2010, Http://jurnal.ump.ac.id/index.php/FIKES/article/view/413.

Nursalam. ( 2007 ). Konsep Dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan ( ed. 2 ). Jakarta: Salemba Medika.

Pudiastuti, D. ( 2005 ). Penyakit Pemicu Stroke ( Dilengkapi Posyandu Lansia Dan Posbindu PTM ) Cetaka. 1. Yogyakarta: Nuha Medika.

Suiraoka, IP. ( 2006 ). Penyakit Degeneratif. Cetakan. 1. Yogyakarta: Nuha Medika.

Simanjuntak, M. C. ( 2008 ). Jurnal Kesehatan: Pengaruh Merubah Posisi Dan Masase Kulit Pada Pasien Stroke Terhadap Terjadinya Luka Deekubitus Di Zaal F RSU. HKBP Balige. Diakses 20 Maret 2010, http://www.akperhkbp.ac.id/wp-content/uploads/2010/03/Jurnal-Vol-1-No-2.pdf.

Trisnowiyanto, B. ( 2004 ). Keterampilan Dasar Massage. Cetakan. 1. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tambun, Y. Giofhany. ( 2006 ). Tindakan Perawatan Dekubitus Oleh Perawat Di RSU. Dr. Pirngadi Medan. Medan: Fakultas Keperawatan USU. Diakses 23 Mei 2021, http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/42594, Hal. 1.

Tarihoran, T. Elysabeth. ( 2010 ). Pengaruh Posisi Miring 30º Terhadap Kejadian Luka Tekan Grade I ( Non Blanchable Erythema ) Pada Pasien Stroke Di Siloam Hospital. Jakarta: FKI UI, Diakses 25 Mei 2021, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20282630-T%20Dame%20Elysabeth.pdf. Hal. 33 & 55




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License