Efektivitas Pemberian Teh Kulit Nenas Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi

Bunga Mari Sembiring, Herviani Sari

Abstract


Angka kejadian hipertensi mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Hipertensi merupakan salah satu penyakit membahayakan yang ada di dunia. Penanganan hipertensi dapat dilakukan secara farmakologi dan nonfarmakologi. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi referensi untuk pemanfaatan limbah rumah tangga yaitu kulit nenas, yang ternyata dapat dijadikan alternatif terapi non farmakologis untuk penderita Hipertensi.Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah studi Observasional dengan desain crossectional terhadap 90 Lansia dengan riwayat Hipertensi yang bertujuan untuk menganalisis Evektivitas pemberian teh kulit nenas terhadap tekanan darah Lansia penderita Hipertensi. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja Puskesmas Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.Negatif ranks menunjukkan nilai sampel sebelum lebih tinggi dari nilai sesudah. Hasil pada Negatif ranks pada uji Wilcoxon Diastole bernilai 90, artinya ada 90 orang lansia yang mengalami penurunan tekanan darah Diastole setelah intervensi yaitu pemberian teh kulit nenas. Positive ranks menunjukkan nilai sampel sesudah lebih tinggi dari nilai sebelum. Hasil pada nilai positif ranks pada tekanan darah Diastole yaitu 0, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada responden yang mengalami kenaikan tekanan darah Diastole setelah diberi intervensi. Ties artinya sampel dengan nilai kelompok kedua (setelah pemberian teh nenas) sama dengan nilai kelompok pertama (sebelum pemberian teh nenas). Pada nilai ties pada tekanan darah Diastole bernilai 0, artinya semua lansia mengalami perubahan tekanan darah Diastole setelah pemberian teh kulit nenas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai sig. Tekanan darah Diastole yaitu 0,00 < 0,05, sehingga dapat diasumsikan bahwa ada pengaruh pemberian teh kulit nenas terhadap tekanan darah diastole Lansia penderita Hipertensi

Keywords


Efektivitas, Teh Kulit Nenas, Tekanan Darah, Hipertensi

Full Text:

PDF

References


Utaminingsih, Wahyu. (2015) Mengenal & Mencegah Penyakit Diabetes, Hipertensi, Jantung dan Stroke Untuk Hidup Lebih Berkualitas. Yogyakarta: Media Ilmu.

Triyanto, Endang .(2014). Pelayanan Keperawatan Bagi Penderita Hipertensi Secara Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.Dewi, Sofia R. 2014. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, Sofia (2014) Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Deepublish. Dini, Tryastuti (2012) Pengaruh Konsumsi Pisang Ambon Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Sedang. Fakultas Keperawatan Unand. Handoko, Haryo (2011) Makanan Awet Muda & Panjang Umur. Jakarta: Gramedia.

Hardinsyah, et al (2017) Ilmu Gizi Teori & Aplikasi. Jakarta: EGC.

Utami, N., & Sari, A. W. (2017). Konsumsi Pisang Ambon sebagai Terapi Non Farmakologis Hipertensi. Majority, 120-125.

Kar Ashutosh.(2013). Farmakognosi dan Farmakobioteknologi. EGC. Jakarta.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. (2014). Profile Kesehatan Indonesia.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Keshatan . (2016). Infodatin Hipertensi. Kementerian Kesehatan RI.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan. (2017, Juni). Jendela Data Dan Informasi Kesehatan. Kementerian Kesehatan RI.

Yulianto, Sari, S. M., & Lestari, Y. A. (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Autogenik Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di UPT Panti Werdha Mojopahit Mojokerto. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 8-18.

Ma’ rifatul. azizah 2019. Keperawatan Lanjut Usia. Edisi 7. Yogyakarta: Graha Ilmu.

LeMone, P., Burke, K. Bauldoff.2013.Hipertensi ,Medical surgical nursing : Critical thinking inclient care. 4thed.New Jersey: Pearson Prentice Hall.ISBN-13:978-0131713086.

Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta

Tanto Chris, dkk.2017. Kapita Selekta Kedokteran. Edisi 6. Jakarta:Media Aeskulapius

Smeltzer SC., Bare, Hinkle &cheever,2010. Buku Ajar Keperawatan Hipertensi. Jakarta : EGC. Hal : 45-47.

Nurarif H. Amin &Kusuma Hardi. 2013. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA (North American Nursing Diagnosis Association) NIC- NOC. Mediaction Publishing.

Nurarif H. Amin &Kusuma Hardi. 2013. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA (North American Nursing Diagnosis Association) NIC- NOC. Mediaction Publishing.

Aminah, M.S 2013. Khasiat Sakti Tanaman Obat Untuk Asam Urat. Jakarta: Dunia Sehat.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License