Uji Efektivitas Antimikroba Ekstrak Bunga Kecombrang (Etlingera Elatior) Terhadap Pertumbuhan Streptococcus mutans dan Candida albicans

Hera Dewi Syahrani, Kartika Manalu, Efrida Pima Sari Tambunan

Abstract


Kecombrang (Etlingera elatior) memiliki potensi obat tradisional adalah karena tanaman ini mengandung senyawa metabolit sekunder yang bersifat antimikroba dan antioksidan. Streptococcus mutans dan Candida albicans adalah mikroflora oral komensal yang dapat menjadi patogen jika terdapat faktor predisposisi endogen atau eksogen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak etanol bunga kecombrang terhadap pertumbuhan Streptococcus mutans dan Candida albicans. Rancangan penelitian yang digunakan adalah RAL. Prosedur kerja dalam penelitian ini adalah ekstraksi bunga kecombrang dengan pelarut etanol 96%, uji skrining fitokimia dan uji antimikroba dengan metode Difusi Cakram Kirby-Bauer. Hasil penelitian ini adalah zona hambat rata-rata antimikroba terhadap Streptococcus mutans adalah 6,3 mm, 6,3 mm, 7,6 mm, 10,3 mm, dan 11 mm, terhadap Candida albicans adalah 13,4 mm, 15,2 mm, 16,9 mm, 18,1 mm, dan 20,4 mm, kontrol positif penisilin memiliki rata-rata zona hambat 6,6 mm dan ketokonazol memiliki rata-rata zona hambat 6,9 mm. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak etanol bunga kecombrang tidak efektif dalam menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans dan efektif dalam menghambat pertumbuhan Candida albicans.


Keywords


Keywords: Antimicrobial, Etlingera elatior, Streptococcus mutans, Candida albicans.

Full Text:

PDF

References


Adjic, M. W. M., McLaughlin R. E., Savic G. 2002. Genome Sequence of Streptococcus mutans. A Cariogenic Dental Pathogen. 99(22).

Ajizah, A. 2004. Sensitivitas Salmonella Typhimurium Terhadap Ekstrak Daun Psidium Guajava L. Bioscientiae Journal. 1(1). pp: 31-8

Akiyama, H., Fuji., and Yamasaki. 2001. Antibacterial Action of Several Tannins Agains Staphylococcus aureus. Journal of Antimicrobia Cahemotherapy. Vol. 48.

Anggraini,, R. 2018. Uji Resistensi Bakteri Streptococcus mutans pada Karies Gigi Menggunakan Beberapa Antibiotik dengan Metode Difusi. Karya Tulis Ilmiah. Palembang (ID): Jurusan Farmasi Politeknik Kesehatan Palembang

Chaiya, A. S., Saraya, W. C., and R. Temsiririrkkul. 2013. Screening for Dental Caries: Preventive Activities of Medicinal Plants against Streptococcus mutans. Mahidol University Journal Pharmacy Sci. 40(1). pp: 9-17.

Cowan, M. M. 1999. Plant product as antimicrobial agents. Clin. Microbiol. 12(4). pp: 564-582

Dalimartha, S. 2006. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia. Puspa Swara, Jakarta.

Dwidjoseputro. 2005. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Djambaran, Jakarta.

Fajriani dan Jennifer N. Andriani. 2014. Pengurangan Koloni Streptococcus mutans Saliva Pada Anak Setelah Kumur Larutan Teh Hijau 2,5%. Journal of Dentistry Indonesia. 21(3).

Hasibuan, A. S., Edrianto, V., Purba, N. 2020. Skrining Fitokimia Ektrak Etanol Umbi Bawang Merah (Allium cepa L.). Jurnal Farmasi. 2(2): 2655-0814.

Irianto, K. 2013. Mikrobiologi Medis. Alfabeta, Bandung.

Syukur, C., dan Hernani. 2008. Budi Daya Tanaman Obat Komersial. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tarigan R. 2014. Karies Gigi. Ed.2. EGC, Jakarta.

Volk, W. A., dan Wheeler, M. F. 1990. Mikrobiologi Dasar. Erlangga, Jakarta.

Wahjono, Hendra. 2007. Peran Mikrobiologi Klinik pada Penanganan Penyakit Infeksi. Pidato Penerimaan Jabatan Guru Besar Dalam Ilmu Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Wahyuni., Fadhliyah Malik., Andryani Ningsih., Wa Ode Sitti Zubaydah., Sahidin. 2018. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Buah Wualae (Etlingera elatior (JACK) R.M. Smith). Journal of Pharmaceutical and Medicinal Sciences. 3(1).

Winarto dan Tim Karyasari. 2003. Memanfaatkan Bumbu Dapur untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Agro Media Pustaka, Jakarta.

Zahro, F. 2015. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun The Hijau (Camellia sinensis L) Terhadap Pertumbuhan Streptococcus mutans. Skripsi. Jember (ID). Fakultas Kedokteran Universitas Jember




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4566

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License