Pengelolaan Tim Emergensi RS Dalam Keselamatan Pasien (Covid dan Non-Covid)

Sentosa Barus, Robinson Paulinus Sihombing

Abstract


Pandemi COVID-19 adalah tantangan terbesar bagi sistem kesehatan di seluruh dunia saat ini. Rumah sakit di Indonesia dihadapkan pada pengembangan surge capacity agar kebutuhan pelayanan medis yang meningkat dapat dipenuhi dengan baik. Wabah COVID-19 yang berkembang pesat di Indonesia mengharuskan semua rumah sakit untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan memastikan pelayanan yang aman bagi pasien maupun petugas kesehatan. Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana memastikan pasien dengan atau tanpa COVID-19 yang mengalami henti jantung mendapatkan kesempatan untuk selamat tanpa membahayakan keselamatan penolong yang tentunya akan dibutuhkan untuk merawat pasien - pasien berikutnya. Ditambah dengan COVID-19 yang sangat menular, hal ini tentunya menimbulkan tantangan tersendiri dalam hal respon emergensi dan mungkin mempengaruhi angka morbiditas maupun mortalitas. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah crossectional study pada 13 orang perawat TIM Emergency khusus penanganan Covid-19 dan 15 orang perawat TIM Emergency untuk kasus normal di RSUD Sembiring, Deli Tua yang bertujuan untuk menganalisis Pengelolaan Tim Emergensi RS dalam Keselamatan Pasien (COVID dan Non-COVID). Data primer Data yang di peroleh langsung dari responden  melalui wawancara dengan menggunakan  instrumen (kuesioner) . Data sekunder berupa data kepegawaian dari RSUD Sembiring, Deli Tua. Ada hubungan komponen Personel dengan pengelolaan Tim Emergensi RS dalam Keselamatan Pasien (COVID dan Non-COVID). Ada hubungan SOP dan legal aspect dengan pengelolaan Tim Emergensi RS dalam Keselamatan Pasien (COVID dan Non-COVID). Ada hubungan ketersediaan sarana dengan pengelolaan TIM Emergensi RS dalam Keselamatan Pasien (COVID dan Non-COVID).

Keywords


engelolaan, Tim Emergensi, Keselamatan, Pasien, Covid, Non-Covid

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017.

Subdit Pelayanan Medis Dan Keperawatan Kementerian Kesehatan RI 2016. Evaluasi pelaporan E-Reporting Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien RS Sampai Februari 2016.

World Health Organization (WHO).2020.Global surveillance for human infection withnovel-coronavirus(2019-ncov).https://www.who.int/publications-detail/global-surveillancefor-human-infection-with-novel-coronavirus-(2019-ncov) Interim 31 Januari 2020.

Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). 2020. Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19)

Wang, D. 2020. Clinical Characteristics of 138 Hospitalized Patients With 2019 Novel Coronavirus–Infected Pneumonia in Wuhan, China. JAMA. doi:10.1001/jama.2020.1585

Priyoto, Widyastuti T. Kebutuhan Dasar Keselamatan Pasien. Yogyakarta: Graha Ilmu; 2014.

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Presiden Nomor 77 Tahun 2015 Tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2015

Kementerian Kesehatan RI. Permenkes RI. Nomor 1691 Tahun 2011 Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit,. Jakarta,: Kementerian Kesehatan RI; 2011

Reno, N, A., Yuniar, L., & Husna, Y. (2018). Analisis pelaksanaan sasaran keselamatan pasien di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(52-54).

Sudaryano. (2017). Metodologi penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sumantri, A. (2015). Metode penelitian kesehatan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License