Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Belajar IPA Pada Kelas VII MTs MESRA Pematang Siantar TA.2020/2021

Sumarny Tridelpina Purba, Dian Perayanti Sinaga, Marini ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Belajar IPA Siswa Kelas VII MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 200 siswa. Dalam pengambilan sample diambil 25% dari total keseluruhan populasi sehingga dapat diperhitungkan sample yaitu 200 x 25%  = 50 siswa, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang diisi oleh siswa dan wawancara oleh guru IPA selebihnya dokumentasi sebagai data tambahan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa pelaksanaan pembelajaran daring siswa kelas VII MTs Mesra Pematangsiantar sudah berjalan dengan baik tetapi masih ada beberapa hal yang menjadi penghambat atau permasalahan dalam pembelajarannya, konsep pembelajaran secara daring menggunakan ponsel atau handphone dengan bantuan aplikasi whatsapp, guru mengirim materi melalui file PPT atau video yang dibuat sendiri dan yang diambil dari youtobe. Untuk evaluasi pembelajarannya pada mata pelajaran IPA di kelas VII MTs Mesra Pematangsiantar sudah 85% siswa mencapai KKM

Keywords


Pembelajaran daring, evaluasi pembelajaran dengan model pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Depdiknas, 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Joseph, Arbuscato. 1995. Teaching Children Science: A Discover Approach Fourthh Edition US: A Simon & Schuster Company.

Lexy. Moleong, 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya

Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhadjir 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi IV. Yogyakarta Penerbit Rake Sarasin

Ridwan 2003. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Penelitian Alfabeta, Bandung.

Rosenberg, Marc. J. 2001, E-Learning : Strategis For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies

Sugandi, 2006. Teori Pembelajaran,Semarang:UNNES.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suhery, Trimardi Jaya Putra, dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Sumiati, Arsa. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020. (2020). Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sugiyono 2013. Metode Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Alfabeta

Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Shinta, Agustina 2011. Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Malang : UB Press

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4720

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License