Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Baru Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Kesehatan Deli Husada Deli Tua Tahun 2021

Saiful Batubara, Julahir Hotamatua Siregar

Abstract


Pandemi Covid-19 menjadi tantangan besar bagi pendidikan tinggi, karena hampir semua negara di dunia menawarkan berbagai bentuk gerakan masyarakat sehingga pembelajaran tidak bisa berlangsung secara konvensional. Pembelajaran online berbasis platform internet menjadi pilihan sehingga pembelajaran mandiri menjadi lebih penting. Untuk Tahun Pelajaran 2021-2022, sebelum perkuliahan dimulai, dilakukan pemetaan Self Directed Learning Readiness (SDRL) mahasiswa baru untuk perencanaan pembelajaran yang lebih efektif. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa siswa yang dominan memiliki SDRL yang tinggi terutama pada aspek pengendalian diri.Terkait dengan peralihan PDJ dengan PTM atau campuran dalam pendidikan keperawatan pada penghujung Pandemi Covid-19 di Program Studi Sarjana Keperawatan  Institut Deli Husada Deli Tua (PSSK-INKes DHDT) perlu diketahui Skor  SDLR Mahasiswa Baru yang bermanfaat untuk pemetaaan dan perancangan pembelajaran di masa peralihan di PSSK-INKes DHDT tersebut

Keywords


Self Directed Learning Readiness, Mahasisws, Keperawatan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Surya. 2014. Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Problem-Based Learning, dan Motivasi Intrinsik dengan Self Directed Learning Readiness di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Allen IE, Seaman J, Poulin R, Straut TT. 2021 Online report card tracking online education in the United States. 2016. diakses Oktober 20, 2021

Crawford J, Henderson KB, Rudolph J, et al. COVID-19: 20 countries' higher education intra-period digital pedagogy responses. J Appl Learn Teach. 2020; 3(1): 1- 20

Hodges C, Moore S, Lockee B, Trust T, Bond A, 2020 The difference between remote teaching and online learning. Educ Rev. 2020: 1- 15.

Leatemia LD, Susilo AP, van Berkel H.2021, Self-directed learning readiness of Asian students: students perspective on a hybrid problem based learning curriculum. Int J Med Educ. 2016;3

Matondang AC, 2021 Gambaran Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Medical Scope Journal (MSJ). 2021;3(1

Meity N. 20217 Penerapan self directed learning melalui sistem PBL pada mahasiswa fakultas kedokteran di Asia. Jurnal Pen-didikan Kedokteran Indonesia. 2017; 6(3):133-9.

Slater CE, Cusick A. 2017 Factors related to self-directed learning readiness of students in health professional programs: a scoping review. Nurse Educ Today. 2017; 52: 28- 33.

United Nations, 2020 : https://www.un.org/development/desa/dspd/wpcontent/uploads/sites/22/2020/08/sg_policy_brief_covid-19_and_education_august_2020.pdf




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License