EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH Morinda citrifolia TERHADAP PENGENDALIAN KUTU DAUN Aphis gossypii PADA TANAMAN Capssicum frutescens Linn. UNTUK PANDUAN PRAKTIKUM FISIOLOGI TUMBUHAN

Sucy Nurani Putri, Sularno ,, Edi Azwar

Abstract


Aroma tidak sedap dari buah mengkudu timbul karena pencampuran antar asam kaprik dan kaproat kedua senyawa tersebut bersifat aktif sebagai antibiotic, dari aroma itu dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan pestisida alami.. Penelitian ini bertujuan melihat perkembangan Aphis gossypii  yang diberi maupun tidak  ekstrak buah mengkudu.

 

Penelitian ini dilakukan dengan perlakuan dan pengulangan yang sama, terdiri dari Control, tanaman Capsicum frutescens diberi Aphis gossypii tanpa penyemprotan ekstrak Morinda citrifolia, tanaman Capsicum frutescens  disemprot ekstrak Morinda citrifolia diberikan Aphis gossypii dan tanaman Capsicum frutescens diberi Aphis gossypii  disemprot ekstrak Morinda citrifolia.  

 

Adapun hasil penelitian, ekstrak buah mengkudu mempengaruhi perkembangan Aphis gossypii membuat jumlah Aphis gossypii semakin berkurang setiap harinya. Aphis gossypii pada tanaman Cappsicum frutescens tanpa di semprot ekstrak Morinda citrifolia mengalami peningkatan jumlah populasi, jumlahnya lebih dari 10x lipat dari hari pertama, itu menunjukkan reproduksi Aphis gossypii berjalan normal tanpa penyemprotan. Kondisi tanaman yang dijadikan sebagai inang perberkembang biaknya diperoleh bentuk Daun dan Batang yang kurang sehat ditandai dengan Daun Gugur yang terjadi saat batang tanaman digoyangkan serta Aphis gossypii berkembang biak hingga ke Batang Daun. Aphis gossypii yang diletakkan pada tanaman Cappsicum frutescens di semprot ekstrak Morinda citrifolia berpengaruh terhadap Aphis gossypii, jumlah nya semakin berkurang hingga tidak memiliki Aphis gossypii, hal itu diakibatkan karena tidak dapat mencerna dengan baik sumber makanan dari inangnya yang telah disemprotkan ekstrak Morinda citrifolia dan juga baunya yang sangat menyengat sehingga mampu mengusir Aphiss gossypii untuk berkembang biak pada daun cabai rawit

Kata Kunci :Pestisida, Capsicum frutescens, Aphis gossypii, Morinda citrifolia, Control tanaman.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Astri, Reni. 2015. PENGARUH CAMPURAN MEDIA TANAM PASIR (REGOSOL) TERHADAP PERTUMBUHAN SERTA HASIL PRODUKSI PADA TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutenscens Linn.) DALAM POLYBAG. Skripsi, Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Bangun. And Sarwono. 2002. Khasiat dan Manfaat Mengkudu. Jakarta. Agro Media Pustaka

Bangun and B.Sarwono. 2004. Khasiat dan Manfaat Mengkudu. Jakarta: AgroMedia Pustaka. ISBN 979-3084-37-5.

Cahyono, Didi Budi et al. 2013. HAMA PADA CABAI MERAH. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Khairun. E-ISSN-2580-7129 (Volume 6 Nomor 2)

Kenengsih, Sri. 2017. PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MIKROBIOLOGI BERORIENTASI INKUIRI TERBIMBING UNTUK MAHASISWA STKIP PGRI SUMATERA BARAT.. Jurusan Pendidikan Biologi. (Volume 1 Cetakan 4)

Kusuma, Selvia Ferdiana. 2017. KLASIFIKASI BUAH MENGKUDU.

Meilin, Araz et al. 2014. HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN CABAI SERTA PENGENDALIANNYA. BALAI PENGKAJIAN Teknologi Pertanian Jambi.

Puguh, Hendri. 2016. Identifikasi dan Klasifikasi Hama Aphid (Kutu Daun) pada tanaman Kentang. Direktorat Perlindungan Hortikultura.

Prayitno, Trio Ageng. 2017. Pengenmbangan Petunjuk Praktikum Mikrobiologi Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Pendidikan Ilmu Eksakta. Ikip Budi Utomo. (Vol 3 No 1)

Quirinto, Adhi Santika and Nani Sumarni. 2004. Agribisnis Cabai. Jakarta: Penebar Swadaya. ISBN 979-489-292-0.

Riyanto at al. 2016. STUDI BIOLOGI KUTU DAUN (Aphis gossypii glover) (Hemiptera:Aphidae). Jurnal Pendidikan. (Volume 3 Nomor 2)

Riyanto at al. 2016. STUDI BIOLOGI KUTU DAUN (Aphis gossypii glover) (Hemiptera:Aphidae). Jurnal Pendidikan. (Volume 3 Nomor 2)

Ryanto. 2016. STUDI BIOLOGI KUTU DAUN (Aphis gossypii Glover). Jurnal Pembelajaran Biologi FKIP Unsri. e-ISSN:26139936 (Volume 3 Nomor 2)

Santika, Adhi et al.. 2004. Agribisnis Cabai. Jakarta: Penebar Swadaya.

Sukeksi, Lilis at al. 2015. Pembuatan Sabun Transparan Berbasis Minyak Kelapa Dengan Penambahan Ekstrak Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Sebagai Bahan Antioksidan. Medan: Departemen Teknik Kimia, Universitas Sumatera Utara

Tando Edi and Widya Sari Murni. 2019. Inovasi Teknologi Pemanfaatan Senyawa Metabolit Sekunder Mengkudu Sebagai Pestisida Nabati Pada Tanaman Pangan dan Holtikultural. Sulawesi Tenggara: Balai Pengkajian Teknologi Pertanian

Tuapattinaya, Prelly M. J. and Feby Tutupoly. 2014. Pemberian Pupuk Kulit Pisang Raja (Musa Sapientum) Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescens L.). (Volume 1 Nomor 1)

Yasmin, Y et al.. 2015. INVENTARISASI JENIS LALAT BUAH (Diptera; Tephritidae) PADA LAHAN KEBUN CABAI MERAH (Capsicum annum). Jurnal Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Syiah Kuala. ISBN: 978-602-18962-5-9 (Volume 3 Nomor 1)

http://eprints.umm.ac.id/35586/3/jiptummpp-gdl-desypuspit-49809-3-babii.pdf




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.4814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License