PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X IPA MAN 3 MEDAN PADA MATERI VIRUS DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model blended learning, (2) Menganalisis hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model online learning, dan (3) Mengetahui peningkatan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran online learning dan blended learning, (4)Mengetahui pengaruh blended learning terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif siswa yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model blended learning termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 71,9%. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model blended learning juga termasuk pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 71,9%. (3) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 44,8% dalam kategori sedang dan lebih baik dari peningkatan hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 34,8% dalam kategori sedang. (4) Terdapat pengaruh model blended learning yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA MAN 3 Medan dengan nilai p < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.4828
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan