KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN Pisces FAMILY Soleidae DIKAWASAN PERAIRAN TELUK MENGKUDU SEBAGAI MODUL PEMBELAJARAN TAKSONOMI VERTEBRATA

Anggiani Anggiani, Edi Azwar, Nurhasnah Manurung

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan kelimpahan pisces family soleidae di Perairan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai Sebagai Modul pembelajaran Taksonomi Vertebrata yang mana pengambilan sampel berlokasi di pantai Sialang Buah dan Pantai Sentang.Sampel Penelitian ini adalah spesies Pisces dari family Soleidae. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan dua Spesies Pisces family Soleidae yaitu Cynoglossus Lingua ( Ikan Lidah) dan Pseudorhombus arsius(Ikan Sebelah) yang memiliki keanekaragaman masing-masing spesies  yaitu :  Cynoglossus lingua pada bulan Agustus 0.3677, pada bulan September 0.3056, pseudorhombus arsius pada bulan agustus 0.3506, pada bulan September 0.3107. Maka nilai keseluruhan indeks keanekaragaman sebanyak 1.3345 tergolong dalam kategori sedang. Untuk Kelimpahan masing-masing spesies yaitu : Cynoglossus lingua pada bulan Agustus 0.3804, pada bulan September 0.1758, Pseudorhombus arsius pada bulan Agustus 0.2610, pada bulan September 0.1829. maka nilai keseluruhan nya 1% dan  tergolong dalam  kategori tidak melimpah. Keanekaragaman dan Kelimpahan Pisces famili Soleidae dapat menghasilkan  modul Pembelajaran mata kuliah Taksonomi Vertebrata.

Pembelajaran.


Keywords


Keanekaragaman , kelimpahan, Soleidae, Perairan Teluk Mengkudu,Modul

References


Murniati ,2011,sumber daya ikan Indonesia https://sumber.co.id/daya ikan-Diakses pada tanggal 20 Mei 2021.

Nurma,2010 .Pengertian modul Bandung : sinar baru Algendiso (online) Pegertian - modul pembelajaran (Diakses 28 pada tanggal juni 2021).

Novita,2018, Pedayagunaan Sumber Daya Kelautan untuk Kesejahteraan Masyarakat, Jakarta: LIPI.

Odum, S.P. 1993. Dasar-Dasar Ekologi. Edisi ketiga. Terjemahan : Samingan, T.,Perikanan Universitas Hasanuddin.

Rokhmin,,2003. Keanekaragaman Hayati Laut : Aset Pembangunan Berkelanjutan Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rizky, M., Yunasfi dan M.R.K. Lubis. 2013. Kajian Potensi Ekowisata Mangrove di Desa Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sari, 2006,https://perikanan 38.blogspot.com/2020/07/morfologi-dan-klasifikasi-ikanlidah.html Diakses pada tanggal 30 April 2021.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.4865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License