KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN IKAN DARI FAMILY Sciaenidae DIPERAIRAN TELUK MENGKUDU SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TAKSONOMI VETERBRATA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keanekaragaman dan Kelimpahan Ikan dari Family Sciaenidae di Perairan Teluk Mengkudu Serdang Berdagai sebagai Pengembangan Bahan Ajar Taksonomi Veterbrata yang mana pengambilan sampel berlokasi di Pantai Sialang Buah dan Pantai Sentang. Sampel dari penelitian ini adalah semua jenis ikan dari family Sciaenidae. Pengambilan data di lakukan dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ditemukan tiga jenis ikan family Sciaenidae yaitu Pennahia anea, Jonius borneensis, dan Otolit ruber. Yang memiliki nilai keanekaragaman masing-masing spesies yaitu: Pennahia anea 0.363, Jonius borneensis 0.353, Otolit ruber 0,357. Maka nilai keseluruhan indeks keanekaragaman sebanyak 1.078 dan tergolong dalam kategori sedang.Untuk nilai kelimpahan masing-masing spesies yaitu Pennahia anea 0.431006, Jonius borneensis 0.285488, Otolit ruber 0,283506. Maka nilai kelimpahan keseluruhannya 1 % dan tergolong ke dalam kategori tidak mampu. Hasil dari pengambilan data tersebut dapat di jadikan sebagai pengembangan perangkat pembelajaran berupa modul.
Kata Kunci : Keanekaragaman, Kelimpahan,Sciaenidae, Perairan Teluk
Mengkudu,Perangkat Pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Badrudin, Sumino, B, & Wirdaningsih, N. (2001 b). Komposisi dan Keanekaragaman hasil tangkapan rawai dasar di perairan selatan Kepulauan Aru, Makalah Seminar Laut Nasional III (10 p). ISOI 2001, Jakarta.
Campbell,N. A. & J.B. Reece. (2010). 3. Biologi, Edisi Kedelapan Jilid 3. Terjemahan: Damaring Tyas Wulandari. Jakarta: Erlangga.
Dhiandra Puteri, hasan Sitorus, dan Ahmad Muhtadi. 2017. Ilmu Perairan, Pesisir, dan Perikanan. ISSN: 2089-7790.
Gintings, Abdorrakhman, 2011. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Humaniora.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengjar. Bandung. Pustaka Setia.
Khaerudin, Hamidah, A, Kartika, W.D. 2018. Jenis-Jenis Ikan Hasil Tangkapan Nelayan di Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Jurnal Ikhtiologi Indonesia (18):2.
Kottelat, M., A.J. Whitten, S.N. Kartikasari, S.Wirjoatmodjo. 1993. Freshwater fishes of westem Indonesia ad Sulawesi. Periplus Editions Limited, Jakarta.
Krebs, C.J Ecologycal Methodology. Newyork : Haeper and Publisher, 2000.
Michael, P. (1984). Ecologycal System Metode For File ang Laboratory Investigations. New Delhi: Tata Megraw-Hill Publishing Company.
Murdianto, Bambang. 2004. Pelabuhan Perikanan. Bogor : Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Falkutas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor.
Murniati. 2011. Potensi dan Tingkat Pemanfaatan Ikan Terbang (Exocoetidae) di Perairan Majane, Kabupaten Majane Provinsi Sulawesi Barat. Universitas Hasanuddin, Makasar.
Panen, P. (1996). Mengajar di Perguruan Tinggi, buku empat, bagian “Pengembangan Bahan Ajar”. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Sadjati, I, M, (2012). Hakikat Bahan Ajar. Modul Pengembangan Bahan Ajar, 1-62. Retrieved From Http://Repository.Ut.Ac.Id/4157/I/Isdik4009-MI.Pdf.
Saputra, S. W. S. Rudiyanti dan A. Mahardhini. 2008. Evaluasi Tingkat Eksploitasi Sumberdaya Ikan Gulama (Johnius sp) Berdasarkan Data TPI PPS Cilacap. 4(1):56-61.
Siagian, G., H. Wahyuningsih dan T. Barus. 2017. Struktur Populasi Ikan Gulamah (Johnius Trachycephalus P.) di Sungai Barumun Kabupaten Labuhan Batu Sumatera Utara. 3(2). ISSN:2460-6804.
Suparno, 2008.Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Sebagai Salah Satu Dokumen Penting Untuk Disusun Oleh Pemerintah Daerah Propinsi/Kota.Jurnal.Mangrove dan Pesisir IX. ISSN: 1411-0679.
S. Nasution, (1987) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bina Aksara See
More at: http//ainamulyana.blogspot.com/2012/02/cara-membuat-bahan-ajar berupa-modul.
Zuhdan, dkk. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses. Kreativitas serta Menerapkan Konsep ILmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.4869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan