Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di Kelas VIII-B SMP Negeri 37 Medan TP.2017/2018

Mashud Mashud

Abstract


Tujuan penelitian Untuk mengetahui peningkatan keterampilan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi setelah penerapan metode pembelajaran demonstrasi di kelas VIII-B SMP Negeri 37 Medan T.P. 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan pelaksanaan tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun temuan penelitian PTK ini adalah: 1) Peningkatan hasil belajar dari siklus I 57,1 % meningkat menjadi 85,7% disiklus II.; 2) Keterampilan siswa pada siklus I yatu: 1) Mengikuti prosedur memperoleh 67,9% dengan kategori (Baik); 2) Menggunakan menu dan ikon pada menu bar microsoft word memperoleh 50% dengan kategori (Cukup); dan 3) Mengetahui fungsi menu bar microsoft word memperoleh 45% dengan kategori (Cukup). Sedangkan siklus II yaitu: 1) Mengikuti prosedur memperoleh 83,6% dengan kategori (Sangat baik); 2) Menggunakan menu dan ikon pada menu bar microsoft word memperoleh 76.4% dengan kategori (Baik); dan 3) Mengetahui fungsi menu bar microsoft word memperoleh 70,7% dengan kategori (Baik). Dari dua temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada materi menggunakan menu ikon pokok pengolahan di Kelas VIII-B SMP Negeri 37 Medan T.P. 2017/2018 semester ganjil dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan siswa secara signifikan

Keywords


Metode Demonstrasi, Hasil dan Keterampilan Belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2003. Prosedur Penelitian, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Budi Utami. 2014. Pemanfaatan Media Tik Simulasi Sebagai Suplemen Demonstrasi Pada Pembelajaran Alat Ukur Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 2(1): 65-79.

Fathurrahman. 2008) Metode-metode pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Fuchan. Ahmad. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58,

Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kunandar. 2009. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhibbin syah 2000. Psikologi Belajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nur Hamiyah & Moh. Jauhar, 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas, Prestasi Pustaka, Jakarta.

Raditya Panji. 2008. Metode yang digunakan dalam Mengajar Anak. Jakarta: Gramedia

Rahman, D. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan

Keterampilan Peserta Didik Dalam Instalasi Sistem Operasi Pada Pelajaran Perakitan Komputer Kelas X multimedia 2 di semester genap pada SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Pendidikan Binaniaga Vol. 01 (1): 49-64.

Simatupang, Halim & Dirga Purnama, 2019. Handbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: CV. Pustaka Media Guru

Simatupang. H., Hardinata . A, Ningsih W, Dhani F.R, Josephin A.A, Lismayadi. 2021. The Effectiveness of Stem-Oriented Project and Mini Research Teaching Materials in Improving Student Learning Outcomes at SMP 37 Medan. Journal of Physics: Conference Series

Trianto. 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya:Kencana




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License