Dampak Teknologi Informasi Sebagai Pendukung Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Era Pandemi Covid-19

Agung Rizky, Abdilah Khusufi, Jamalludin Jamalludin, Leni Marta Setiyani, Novriandy Bagas Pratama, Alsa Rizky Januareza

Abstract


Virus Covid-19 telah mewabah sejak tahun 2019, penyakit ini telah merubah kehidupan di seluruh dunia hingga tak sedikit orang yang kehilangan pekerjaannya karena pandemi covid-19 ini. Penyakit ini juga tentunya memberikan dampak, khususnya dunia pendidikan menjadi pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh atau biasa disingkat dengan PJJ memanfaatkan patform yang tentunya membutuhkan koneksi internet agar bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Pada kesempatan kali ini platform yang digunakan yaitu Google Meet dan Edmodo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, maka peneliti menyajikan dalam bentuk kata-kata atau gambar sesuai dengan kejadian fakta. Hasil dari penelitian ini adalah dampak yang terjadi akibat dari pembelajaran jarak jauh atau PJJ terdapat kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran. Dengan adanya PJJ ini semoga ditemukan suatu platform yang tepat dan kendala yang dialami lainnya dapat segera tuntas.


Keywords


Teknologi Informasi;Edmodo;Covid-19;PJJ

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif.

Ammy, P. M. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27–35.

Amsyar, I., Cristhopher, E., Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rizky, A. (2021). Application of Building Workers Services in Facing Industrial Revolution 4.0. Aptisi Transactions on Technopreneurship (ATT), 3(1), 32–41.

Arifudin, O., Sonia, N. R., Darmawan, I. P. A., Abbas, D. S., Saputro, A. N. C., Poltak, H., Sundulusi, C., Darmawati, D., Harahap, E., & Sijabat, D. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan.

Arribathi, A. H., Supriyanti, D., Astriyani, E., & Rizky, A. (2021). Peran Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Menghadapi Tantangan Di Era Global Dan Generasi Z. Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial, 1(1), 55–64.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Barimbing, Y. T. P. S. (2020). Langkah-Langkah Strategi Pemerintah Kecamatan Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 Di Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Lestari, S. W. (2020). Kendala pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (pjj) dalam masa pandemi ditinjau dari media pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 13–24.

Livana, P. H., Suwoso, R. H., Febrianto, T., Kushindarto, D., & Aziz, F. (2020). Dampak pandemi COVID-19 bagi perekonomian masyarakat desa. Indonesian Journal of Nursing and Health Sciences, 1(1), 37–48.

Lutfiani, N., Mariyati, W. S., Sari, A. A., & Febrianto, K. R. (2022). Decentralization Of Information Using Blockchain Technology On Mobile Apps E-Journal. Blockchain Frontier Technology, 1(2), 114–121.

Mubarok, H., Swastika, Y. I., Ainun, A., Hamdanah, S. U., Lestari, P. D., & Saifuddin, M. A. (2021). Penerapan Pendidikan Jarak Jauh (Pjj) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Sidh Belanda Dan Sikl Malaysia. ISLAMIKA, 3(1), 82–96.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Oey-Gardiner, M., & Abdullah, M. A. (2021). Ragam Perspektif Dampak Covid-19. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rizky, A., Kurniawan, S., Gumelar, R. D., Andriyan, V., & Prakoso, M. B. (2021). Use of Blockchain Technology in Implementing Information System Security On Education. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(1), 62–70.

Rizky, A., Silen, S., & Putra, D. A. (2021). The Role of Blockchain Technology in Facing Revolution Education 4.0. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(1), 77–85.

Rizky, A., Walihadi, A. S. J., Anwar, T., Haryanto, B. A., Idfitri, M., & Safina, H. A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Teknologi Website Dalam Pembelajaran Online Berbasis Framework Laravel Di Era Revolusi 4.0. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(1), 190–196.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–13.

Subiyakto, B. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi.

Supriati, R., Priyadi, P. R., Sulastri, I., Rizky, A., & Adawiyah, S. A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Website Pada Perancangan Sistem Kepegawaian Dalam Mendukung Perhitungan Penggajian Di PT. Herda Sentosa Tangerang. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(2), 28–39.

Walilu, R. F., Laim, B. F. N., Mariasa, I. M., Riki, R., & Alberto, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid19 Menggunakan Platform Jitsi Pada Institusi Pendidikan Menggunakan Server Ubuntu. JPB: Jurnal Patria Bahari, 1(1), 1–8.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. Elex Media Komputindo.

Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51–58




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License