Keanekaragaman Koloni Bakteri Endofit Pada Daun dan Batang Tanaman Nampu (Homalomena javanica V.A.V.R.)

Nelan Kurniasih

Abstract


Bakteri endofit merupakan bakteri yang hidup didalam jaringan tanaman inangnya, tanpa menimbulkan gejala penyakit tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman dan genus koloni bakteri endofit pada batang dan daun tanaman Nampu (Homalomena javanica V.A.V.R.). Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap yaitu isolasi, karakterisasi dan uji biokimia. Berdasarkan hasil isolasi diperoleh sebanyak 20 isolat bakteri endofit yaitu 10 isolat bakteri dari batang Nampu dan 10 isolat bakteri dari daun Nampu. Keanekaragaman isolat bakteri endofit pada batang dan daun tanaman Nampu (Homalomena javanica V.A.V.R.) yaitu 0,15 termasuk rendah. Sedangkan hasil karakterisasi bentuk sel batang Nampu Coccus dan daun Nampu Bacil termasuk golongan bakteri Gram positif berwarna ungu atau kristal violet. Dari hasil uji biokimia isolat bakteri endofit diperoleh dari batang Nampu yaitu Genus Staphylococcus dan daun Nampu yaitu Genus Bacillus.

Keywords


Bakteri Endofit, keanekaragaman, Tanaman Nampu

Full Text:

PDF

References


Aji, O. R dan Iva, D. 2020. Bakteri Endofit Tanaman Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Penghasil Asam Indol Asetat (AIA). Jurnal Biologi, 13(2): 180-191.

Arum, Yp., Supartono dan Sudarmin. 2012. Isolasi Dan Uji Daya Antimikroba Ekstrak Daun Kersen (Muntingia calabura). Jurnal MIPA, 35(2): 165-174.

Fatchiyah, A. 2017. Isolasi dan Identifikasi Bakteri Endofit Mangrove Api-Api Putih (Avecennia marina) Penghasil Enzim L-Asparaginase. Skripsi. Universitas Brawijaya. Brawijaya.

Ghalib, D. 2009. Daya Hambat Ekstrak Kencur (Kaempferia galanga L.) Terhadap Trichophyton mentagrophytes dan Cryptococcus neoformans Jamur Penyebab Penyakit Kurap Pada Kulit dan Penyakit Paru. Jurnal Bul. Littro., 20(1): 59-67.

Leiwakabessy, C dan Yunita, L. 2013. Eksplorasi Bakteri Endofit Sebagai Agens Hayati Pada Tanaman Kersen (Muntingia calabura L). Jurnal Budidaya Pertanian, 4(1):16-21.

Pujiyanto, S., Sunarno dan Annisa, W. 2015. Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Endofit Penghasin Inhibitor α-Glukosidase Dari Tanaman Pare (Momordica charantia L). Jurnal Prosiding SNST, 4(1): 65-71.

Purwanto, U., Fachriyan, H dan Maria, B. 2014. Isolasi Bakteri Endofit dari Tanaman Sirih Hijau (Piper betle L.) dan Potensinya Sebagai Penghasil Senyawa Antibakteri. Jurnal Current Biochemistry, 1(1): 51-57.

Puspita, F., Sukemi, I. S., dan Jenny, M. 2018. Uji Beberapa Konsentrasi Bakteri Bacillus sp Endofit untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L.). Jurnal Agron Indonesia, 46(3): 322-327.

Radji, M. 2005. Peranan Bioteknologi Dan Mikroba Endofit Dalam Pengembangan Obat Herbal. Jurnal ilmu kefarmasian, Vol. II (3): 113-126.

Siregar, E. 2018. Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metanol Daun Nampu (Homalomena javanica V.A.V.R.).Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Sulistiyani, T.R dan Puspita, L. 2016. Keragaman Bakteri Endofit Pada Tanaman Curcuma heyneana dan Potensi Dalam Menambat Nitrogen. Jurnal widyariset, 2(2):106-117.

Viogenta, P dan Ahmad, F. 2017. Fraksi Kloroform Ekstrak Buah Mentimun (Cucumis sativus L.) Sebagai Anti Bakteri Terhadap Staphylococcus epidermidis. Jurnal Kesehatan, Vol.VIII(2): 165-169.

Wati, R. 2018. Isolasi dan Karakterisasi Mikroba Endofit Pada Tangkai Daun Tanaman Tujang (Colocasia esculenta) dan Aktivitas Antibakteri Terhadap Pertumbuhan Escherichia coli dan Staphylococcus epidermidis. Skripsi. Universitas Mataram. Mataram.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License