Faktor Yang Berhubungan Dengan MSDS Pada Petugas Cleaning Service Di RSU Sembiring Tahun 2021

Armanda Prima, Muhraza Siddiq, Ripai Siregar, Sindi Ilmasari Lase

Abstract


Musculoskeletal disorders (MSDs) adalah keluhan nyeri, pegal-pegal dan lain-lain pada sistem otot rangka seperti pembuluh darah, sendi, tendon, akibat aktivitas kerja. Faktor pekerjaan yang dapat meningkatkan kejadian MSDs antara lain postur tubuh yang tidak wajar, pengerahan tenaga yang berlebihan, pengulangan yang berulang, dan lamanya waktu kerja, faktor pekerja meliputi usia, jenis kelamin, masa kerja, kebiasaan merokok, kebiasaan olahraga, dan indeks massa tubuh. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Petugas Cleaning Service RSUD Sembiring Deli Tua Tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian observasional analitik. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Sembiring Deli Tua pada bulan Juni sampai Juli 2021. Teknik yang digunakan adalah Total Sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel yaitu 34 orang petugas kebersihan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, Nordic Body Map (NBM), REBA dan observasi. Analisis data menggunakan Chi-Square dengan p<0,05. Analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara keluhan MSDs dengan variabel postur tubuh pekerja (p value = 0,007) dan variabel gerakan berulang (p value = 0,007). Kesimpulan: Ada hubungan postur tubuh dengan keluhan MSDs pada petugas cleaning service RSUD Sembiring Deli Tua tahun 2021 dengan nilai P = 0,007 < = 0,05

Keywords


Musculoskeletal Disorders (MSDs), Servis Kebersihan

Full Text:

PDF

References


Agung, dkk. 2017. Hubungan Masa Kerja, Sikap Kerja Dan Indeks Massa Tubuh Dengan Kejadian Low Back Pain Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat. Universitas Muhammadiyah Semarang: Semarang.

Alhamda S, Sriani S. 2015. Buku Ajar Kesehatan Masyarakat. Padang: Deepublish.

Anonimous. 2013. The Prevention of Ocupational Disease. Geneva; Internatio-Nal Labour Organization.

Anonimous. 2018. Riset Kesehatan Dasar: Riskesdas. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Hasdianti Asti. 2018. Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Nyeri Otot Skeletal (Musculoskeltal Disorders) Pada Pekerja Bongkat Muat Di Pelabuhan Soekarni Hatta Makassar.

Hasrianti, Y. 2016. Hubungan Postur Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja di PT. Maruki International Indonesia Makassar. Makassar: Unversitas Hasanuddin.

Jusman, 2018. Faktor-Faktor Risiko Ergonomi Dengan Keluhan Subjektif Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Operator Cutting Bar Di Unit Produksi Pt Iron Wire Works Indonesia Tahun 2018. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018.

Krisdianto. 2015. Hubungan Faktor Individu Dan Faktor Pekerjaan Dengan Keluhan Musculoskeletal Akibat Kerja (Studi Pada Nelayan Di Desa Puger Wewtan Kecamatan Puger Kabupaten Jember)

Manengkey, O. K. 2016. Analisis faktor-faktor Risiko yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Pada Perawat Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUP Prof Dr. R. D, Kandou Manado, 18-35.

Oborne, David J. 1995. Ergonomic At Work: Human Factors in Design and Develoment England: John Wiley And Sons Ltd.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No Per-01/MEN/1981 tertanggal 4 April 1981 tentang kewajiban melaporkan penyakit akibat kerja.

Tarwaka. 2015. Ergonomi Industri Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomic Dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Undang-Undang No. 1 Tahun 1970. Tentang Keselamatan Kerja. Jakarta Indonesia. Undang-Undang No. 1 Tahun 1970. Tentang Keselamatan Kerja. Jakarta Indonesia.

Wulandari, D. U. 2016. Hubungan Antara Risiko Postur Kerja Dengan Risiko Keluhan Musculoskeltal Pada Pekerja Di Bagian Produksi Tenun P Kusuma Mulia Plasindo Infitex Klaten

Zulfikar, M.T. 2010. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Muskuloskeletal Disorders pada welder dibagian Fabrikasi PT CATERPILLAR INDONESIA. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hiday.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License