UPAYA GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI REINFORCEMENT PADA MATERI PECAHAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Isa, Widia Astuti, Hambali Hambali, Muchsin Muchsin4

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam memotivasi belajar siswa melalui reinforcement pada materi pecahan di kelas IV Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini dilakukan di  kelas IV SD Negeri 43 Banda Aceh. dengan jumlah subjek 7 orang  siswa sebagai subjek penelitian. Subjek dan sumber data yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini yaitu guru kelas IV dan siswa kelas IV SD Negeri 43 Banda Aceh yaitu SPA, TZF, AM, KCF, WK, ZN, IS. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara secara daring dan ofline.  Penelitian ini dilakukan terhadap guru matematika dalam pembelajaran materi pecahan dan bilangan pecahan karena sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, contohnya ketika membagi suatu benda maupun makanan, materi pecahan tidak pernah terlepas dari operasi hitung baik dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Namun masih banyak siswa yang merasa kesulitan memahami materi pecahan tersebut dikarenakan kurangnya minat siswa dalam memahami materi pecahan serta kurangnya motivasi yang ada pada siswa. Oleh karena itu guru harus menanamkan konsep-konsep dan pengalaman mendalam agar siswa dapat memahami soal-soal matematika berbentuk pecahan dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Covid-19 tidak mempengaruhi upaya guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) kepada siswa. guru selalu berupaya untuk menerapkan keterampilan memberikan penguatan kepada siswa baik secara langsung maupun melalui whatsApp kepada siswa kelas IV SD  . Hal ini terlihat ketika proses pembelajaran guru memberikan kata-kata pujian ketika ada siswa yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan dan juga memberikan tepuk tangan ketika ada siswa yang salah menjawab pertanyaan yang diberikan, penguatan tersebut diberikan untuk memotivasi agar iya dapat belajar lebih giat lagi sehingga memperoleh prestasi yang bagus.


Keywords


Upaya guru, motivasi belajar & Reinforcement.

Full Text:

PDF

References


Aini, H., Suandi, N., & Nurjaya, G. (2017). Pemberian Penguatan (Reinforcement) Verbal dan Nonverbal Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII MTSN Seririt. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, vol. 7, no.2: 2

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Citra, Y., & Syahrilfuddin. (2019). Pengaruh Pemberian Penguatan terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 018 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuansing. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 8,

no. 2: 116

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida, vol. 5, no. 2: 175.

Fauziah., Safiah, I., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru sekolah Dasar, vol. 2, no. 1: 31.

Gunanto., & Adhalia, D. (2016). Matematika untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Harahap, D.H., & Syarifah, R. (2015). Study Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja. Jurnal Psikologi, vol. 11: 21.

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Heruman. (2012). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Kurniati., & Ervina. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan Penguatan (Reinforcement) dalam Pembelajaran di SMPN Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan, vol. 16, no. 1: 61.

Nurcahya, A., & Hadijah, H.S. (2020). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru Sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 5, no. 1:88.

Nurvalah, S., Wiharna, O., & Yayat. (2016). Pemberian Reinforcement untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa SMK pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan/Servis Sistem Kopling dan Komponennya. Journal of Mechanical Engineering Education, vol. 3, no. 1: 137.

Pradnyayoni, N.K.W. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Memberi Penguatan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1: 1.

Pratiwi, G., Waluyati, S.A., & Kurnusar. (2019). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 13

Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, vol. 6, no. 1: 54.

Putra, N. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta: Kencana.

Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, vol. 9, no. 1: 45.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni., & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 3, no.1: 136-138.

Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memoivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, vol. 5, no. 2: 219.

Wahyuni, R.D. (2016). Hubungan antara Reinforcement dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Segugus II Nanggulan Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Seko lah Dasar, Edisi 10:960.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License