INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN PRAKTIK DI LABORATORIUM BIOLOGI MOLEKULER

Ria Ika Maharani, Dewi Mustikaningtyas, Solichin Solichin

Abstract


Laboratorium sarana yang digunakan untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan dan aplikasi teori-teori yang sudah ada dan memiliki lingkungan kerja yang berpotensi berbahaya. Potensi bahaya ini bisa berasal dari bahan dan peralatan yang digunakan selama berkegiatan. Dalam rangka meminimalkan resiko dari potensi bahaya yang ada diperlukan pengetahuan dan keterampilan kerja yang baik. Namun selama ini belum ada list penilaian yang dapat digunakan sebagai acuan dalam mengetahui keterampilan bagi calon peneliti yang akan berkegiatan di laboratorium biologi molekuler. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan list instrumen penilaian keterampilan praktik di laboratorium biologi. Metode yang digunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Dengan dilakukan uji valiasi dari tim ahli dan uji kelayakan melalui angket, lanjut dianalisis menggunakan statistik deskriptif presentase. Hasil penelitian diperoleh instrumen penilaian keterampilan praktik di laboratorium biologi molekuler dengan empat kategori dengan setiap kategori terbagi menjadi beberapa indikator. Berdasarkan analisis hasil uji valiadasi dari tim ahli yang meliputi materi (87,5%), bahasa (81,7%) dan media (87,5%) serta uji kelayakan (89,6%), instrumen penilaian tersebut masuk dalam kategori sangat baik.

Keywords


keterampilan, biologi molekuler, alat, bahan

Full Text:

PDF

References


Adhiyanto, C. Hendrarmin, L dan Puspitaningrum, R. (2020). Pengenalan Dasar Teknik Bio-Molekuler. Yogyakarta: deepublish publisher.

Bailey C and Barwick V. (2007). Laboratory Skills Training Handbook. LGC. UK. www.lgc.co.uk. ISBN 978-0-948926-25-9

Cahyaningruma D., Sarib H.M.S, Iswandaric D. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kecelakaan Kerja di Laboratorium Pendidikan. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 1 (2) 2019, 41-47, e-ISSN: 2654-251X. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp

Getachew Fetahi Gobaw. (2016). Assessing Laboratory Skills Performance in Undergraduate Biology Students. Academic Journal of Interdisciplinary Studies. Vol 5 No 3: 113-122. November 2016. E-ISSN 2281-4612. ISSN 2281-3993. Doi:10.5901/ajis.2016.v5n3p113

Harold B. White, Marilee A. Benore, Takita F. Sumter, Benjamin D. Caldwell, and Ellis Bell. (2013). What Skills Should Students of Undergraduate Biochemistry and Molecular Biology Programs Have Upon Graduation?. Biochem Mol Biol Educ. 2013 ; 41(5): 297–301. doi:10.1002/bmb.20729.

I Dewa Putu Subamia, I.G.A.N. SriWahyuni, Ni Nyoman Widiasih. (2019). Analisis Resiko Bahan Kimia Berbahaya di Laboratorium Kimia Organik. Wahana Matematika dan Sains : Jurnal Matematika,Sains, dan Pembelajarannya, Vol 13 No 1, April 2019. Pp. 49-70.

Lynne Hunt , Annette Koenders & Vidar Gynnild. (2012). Assessing practical laboratory skills in undergraduate molecular biology courses. Assessment & Evaluation in Higher Education, 37:7, 861-874. DOI: 10.1080/02602938.2011.576313

NTNU.2010. Laboratory nad workshop Hand Book. 3rd edition August 1. NTNU, HSE Department. www.ntnu.no/hms

Oelkers, P. (2016). Molecular Biology Laboratory Manual. http://www-personal.umd.umich.edu/~poelkers/OelkersMolbiolmanualUMD2016.pdf

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanchez, E and Wilkes, T. 2016. Practical laboratory skills for molecular biologists, LGC ISBN: 978-0-948926-28-0: pp 9.

Sardi, A. (2018). GHS: Keselamatan Berbicara Melalui Simbol. Bioscience Volume 2 Number 1, 2018, pp.01-10 ISSN: online 2579-308X - print 2614-669X DOI: 10.24036/02018219843-0-00. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bioscience

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sutton, I (2017) Chapter book- Personal Protective Equipment. Plant Design and Operations (Second Edition). DOI: http://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-812883-1.00014-0

Tegeh, I M. & Kirna, I M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

United Nations Economic Commission for Europe - UNECE (2017). GHS implementation. https://www.unece.org/trans/danger/publi/ghs/implementation_ e.html

WorksafeBC. 2006. Laboratory health and safety handbook. Publisher’s original name, Workers’ Compensation Board of British Columbia. ISBN 0-7726-5652-5: pp 15.

Yadev, B. & Mishra, S.K (2013). A Study of the Impact of Laboratory Approach on Achievement and Process Skills in Science among Is Standard Students. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(1), www.ijsrp.org




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License