Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair and Share pada Materi  Ekosistem menggunakan Media LKPD di Pondok Pesantren Darul Qur’an

Muhammad Reza, Annisyah Putri Amalia Sipahutar, Linawati Linawati, Indayana Febriani Tanjung

Abstract


Pendidikan merupakan faktor utama bagi peserta didik dalam usaha meningkatkan ilmu pengetahuan yang bisa siswa dapatkan baik di lembaga formal maupun informal. Metode pembelajaran Kooperatif tipe TPS adalah metode pembelajaran kooperatif yang memiliki prosedur ditetapkan secara eksplinsit memberikan waktu lebih banyak kepada siswa untuk memikirkan secara mendalam tentang materi yang telah diberikan oleh guru. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren darul Qur’an yang berada di jalan   Pasar 1 Amplas Kecamatan Percut Sei Tuan. Kegiatan penelitian dilakukan pada hari Sabtu, 21 Mei 2022. Adapun perlengkapan pada mini riset ini hanya alat tulis buku dan pulpen, kamera,     jaket almamater serta bahan yang kami olah berupa LKPD. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi.  Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasif karena peneliti terlibat langsung dalam interaksi dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi dari data penelitian ini berupa data hasil pengerjaan LKPD. Data hasil pengerjaan LKPD berupa nilai untuk masing-masing kelompok kelas yang berjumlah 8  kelompok masing-masing terdiri dari 4-5 orang dengan jumlah keseluruhan siswa 34 orang. Terdapat peningkatan yang signifikan pemahaman siswa terhadap materi ekosistem menggunakan strategi kooperatif think pair and share di kelas X Pondok Pesantren  Darul Qur’an dari 85% menjadi 97%. 

Keywords


 Kooperatif tipe TPS, LKPD, Observasi partisipasif,  Ekosistem

Full Text:

PDF

References


Afthina, H., Mardiyana, and I. Pramudya. 2017. “Think Pair Share Using Realistic Mathematics Education Approach in Geometry Learning.” Journal of Physics: Conference Series, 5 (1).

Andika, N. D., Usodo, B., & Subanti, S. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Nht ) Dan Think Pair Share (Tps) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (8), 830–840.

Sunita M. Dol. 2015. “TPS(Think-Pair-Share): An Active Learning Strategy to Teach Theory of Computation Course.” International Journal of Information Technology and Computer Science, 7 (9):52–58.

Asmedy. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Datar dengan Pendekatan Open Ended. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 1 (2), 66-72.

Dawinta Mila Sari. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuann LKPD Pada Materi Keanekaragaman Hayati Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Muhammadiyah 3 Palembang”(Skripsi). Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Eka Sartika. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Untuk Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 Darussalam. Banda Aceh.

Elvi Dewi Minawati. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) Berbasis CTL Materi Ekosistem Kelas VII Mts Fathul Jannah Palangka Raya”(Skripsi).Palangka Raya. Universitas Islam Negeri Palangka Raya.

Harahap, U. S. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika yang diajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Materi Garis dan Sudut di MTS Al-Jam”iyatul Washliyah. Universitas Islam Negri Sumatera Utara: Diterbitkan

Melina. 2012. Perbandingan Model Pembelajaran Think Pair and Share dengan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Biologi (Skripsi). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI

N. K. Rahmawati and I. R. Hanipah, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Garis Singgung Lingkaran,” NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, pp. 99–114, Jun. 2018.

Taufik, M.2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Meulaboh




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License