Potensial Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Biologi Abad 21 : literatur artikel dan desain inovasi media

Dita Amalia, Annesha Rahmadayanti, Bambang Supriatno, Riandi R

Abstract


Dampak pandemi covid-19 di abad 21 dan revolusi industri 4.0 mengharuskan segala aspek kehidupan berubah termasuk dalam bidang pendidikan. Salah satu teknologi yang digunakan dalam pendidikan adalah Augmented Reality. Penilitian ini bertujuan untuk mengkaji eksistensi dari teknologi Augmented Reality memiliki potensi yang besar dalam pembelajaran biologi di abad 21. Metode penelitian ini studi literatur yang mengambil berbagai artikel dari jurnal nasional dan internasional tahun terbit 2017-2021. Hasil dari penelitian ini didapatkan analisis bahwa Augmented Reality masih terus eksis di dunia pendidikan dan perkembangan teknologi yang pesat dapat memberikan ruang inovasi terhadap teknologi Augmented Reality.  


Keywords


Media pembelajaran; Augmented Reality; Keterampilan abad 21

Full Text:

PDF

References


Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47. https://doi.org/10.35580/sainsmat82107192019

Astuti, N. F., Suranto, & Masykuri, M. (2019). Augmented Reality for teaching science : Students ’ problem solving skill , motivation , and learning outcomes. JPBI ( Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia ), 5(2), 305–312.

Dewantara, R. B., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning pada Materi Biologi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 749. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13587

Garzón, J. (2021). An overview of twenty-five years of augmented reality in education. Multimodal Technologies and Interaction, 5(7). https://doi.org/10.3390/mti5070037

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Irfan Sural. (2018). Augmented Reality Experience: Initial Perceptions of Higher Education Students,. International Journal of Instruction, , 11(4), 565–576. https://eric.ed.gov/?id=EJ1191718

Jayawardana, H. B. A., & Gita, R. S. D. (2020). Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi Covid-19, 6(1), 58–66. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/

Kalana, M. H. A., Junaini, S. N., & Fauzi, A. H. (2020). Mobile Augmented Reality for Biology Learning: Review and Design Recommendations. Journal of Critical Reviews, 7(12). https://doi.org/10.31838/jcr.07.12.104

Mauludin, R., Sukamto, A. S., & Muhardi, H. (2017). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN), 3(2), 117. https://doi.org/10.26418/jp.v3i2.22676

Moro, C., Štromberga, Z., Raikos, A., & Stirling, A. (2017). The effectiveness of virtual and augmented reality in health sciences and medical anatomy. Anatomical Sciences Education, 10(6), 549–559. https://doi.org/10.1002/ase.1696

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 21(1), 59–72. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6

Nevrita, N., Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709

Nurhasanah, Z., Widodo, A., & Riandi, R. (2019). Augmented reality to facilitate students’ biology mastering concepts and digital literacy. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(3), 481–488. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.9694

Puspitasari, D., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2020). Pengembangan Suplemen Augmented Reality Animation Pada Buku Mata Pelajaran Biologi Untuk Penguatan Kognitif Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 29–39. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p029

Qumillaila, Q., Susanti, B., & Zulfiani, Z. (2017). Pengembangan Augmented Reality Versi Android Sebagai Media Pembelajaran Sistem Ekskresi Manusia Developing Android Augmented Reality As a Learning Media of. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 57–69. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/9786/pdf

Sirakaya, M., & Sirakaya, A. D. (2018). Trends in Educational Augmented Reality Studies: A Systematic Review. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(2), 60–74. https://doi.org/10.17220/mojet.2018.02.005

Sudarmilah, E., & Kholifah, A. N. (2020). Edugame augmented reality as learning media for human blood circulation system. International Journal of Engineering Research and Technology, 13(12), 4375–4384.

Sylvia, F., Ramdhan, B., & Windyariani, S. (2020). Efektivitas Augmented Reality Terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Biodik, 7(2), 131–142. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.13034

Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis On Elementary School Online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1468

Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57256

Wahdatun, S., 1, R., Anggraito, Y. U., & Rohmah, S. W. (2021). Development of Augmented Reality Nervous System (ARSaf) Learning Media to Improve Student Understanding. Journal of Biology Education, 10(3), 316–325. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe

YAPICI, İ. Ü., & KARAKOYUN, F. (2021). Using Augmented Reality in Biology Teaching. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 9(3), 40–51. https://doi.org/10.52380/mojet.2021.9.3.286

Zulfarina, Z., Syafii, W., & Putri, D. G. (2021). E-Magazine Based on Augmented Reality Digestive as Digital Learning Media for Learning Interest. Journal of Education Technology, 5(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36110




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License