PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI INDEX MASSA TUBUH (IMT) DI SEKOLAH SMA PAB 8 SAENTIS PERCUT SEI TUAN

Elis Yana, Safitri safitri, Summayah Assa;adah Lubis, Abdul Hasyim Mazhurin Siregar, Indayana Febriani Tanjung

Abstract


Miniriset ini bertujuan untuk mengetaui bagaimana menerapkan Langkah- langkah strategi pembelajaran Inkuiri pada materi Index Massa Tubuh (IMT) pada kelas XI dan untuk mengetahui apakah siswa SMA PAB 8 Saentis Percut Sei Tuan telah memahami materi Index Massa Tubuh (IMT) melalui materi serta pengerjaan  soal dengan menggunakan rumus IMT yang diajarkan dan untuk mengetahui apakah siswa- siswi SMA PAB 8 Saentis Percut Sei Tuan termasuk dalam golongan Kurus, Gemuk,dan Obesitas, melalui data data dari hasil pengerjaan soal tersebut. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dimana dapat didefenisikan sebagai suatu penelitian tindakan yang dilakukan seorang pendidik didalam kelas dengan merancang, melaksanakan dan merefleksikan proses pembelajaran untuk memperbaiki tingkat peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua siswa telah memahami materi yang diajarkan melalui pengerjaan soal dan melalui data - data dari soal tersebut bahwa dapat diketahui siswa yang memiliki kategori badan yang kurus adalah 7 orang dan siswa yang memiliki kategori badan yang normal ada 12 orang.


Keywords


Inkuiri, SMA PAB 8 Saentis, Indeks Massa Tubuh

Full Text:

PDF

References


Lahadisi,. (2014). Inkuiri :Sebuah Strategi menuju Pembelajaran Bermakna. STAIN Sultan Qaimuddin Kendari 7(2).

Febriyani, Indayana.T,. (2019). Strategi Pembelajaran Biologi, CV Widya Puspita, Medan

Febriyani Indayana, T. Guru Dan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi Jurnal Tarbiyah,23(1)

Widiana, 1 Wayan, 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2)

Ni Wayan juniati, dan Wayan Widiani,. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1)




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License