Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Ekskresi Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X di MAS CIPTA Kabupaten Batu Bara

Adinda Opmila Putri, Dinda Anisah Br. Hombing, Hafsah Nanda Kirana Angkat, Haiza Haiza, Mawaddah Handayani, Indayana Febriani Tanjung

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MAS CIPTA Kabupaten Batu Bara yang dilakukan pada bulan Mei 2022. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara Tes, observasi dan pengamatan. Peralatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ruang kelas, bahan ajar, alat tulis, kamera, dan laptop. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil pengerjaan tes untuk tiap kelompok kelas berjumlah 9 kelompok masing-masing terdiri dari 4 orang siswa dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 36 orang. strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X IPA MAS CIPTA Kabupaten Batubara. Aktivitas belajar siswa memenuhi kriteria yang sangat aktif sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan ketuntasan presentase 88,8%. dan termasuk dalam kriteria tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sel sistem ekskresi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Inkuiri, Sistem Ekskresi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N.W, Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. 2013. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesa, Vol 3 (1), 1-11.

Fitriana, Maulida., Haryani, Sri. 2016. Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 10 (1), 1702-1711.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Irvan, Nurfalah. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Kemandirian Belajar Pada Masa Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi.

Mardiah., R. Ahmad. 2020. Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Ummul Qura. BADA’A: Jornal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 2 (1), 35-64.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License