HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA

Nurlailatus Safitri Nurlailatus Safitri

Abstract


 

Untuk mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang baik siswa membutuhkan dukungan dan motivasi, dari orang-orang disekitarnya, terutama motivasi dari orang tua.Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan antara pendidikan orang tua dengan motivasi anak, khususnya pembelajaran biologi. Penelitian merupakan penelitian yang menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik dalam menganalisis data kuantitatif dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis korelasi.Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diketahui variabel motivasi belajar biologi dipengaruhi oleh variabel tingkat pendidikan orang tua sebesar 13,69% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yaitu sebesar 86,31%. Adapun nilai uji korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar biologi yaitu rho= 0.37. Dengan demikian, berdasarkan uji hipotesis z hitung =1,95< z tabel = 1,96 dengan demikian H0 diterima, maka tidak ada hubungan yang signifikan antara pendidikan orang tua dengan motivasi belajar biologi siswa SMA.


Keywords


Motivasi, Tingkat Pendidikan, Biologi, Belajar

Full Text:

PDF

References


Afiif dan Al-Fatih. 2016. Motivasi Belajar Biologi Siswa SMA Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua

dan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Jurnal Psikologi Perseptual, 1 (2), 62 -69.

https://doi.org/10.24176/perseptual.v1i2.1636

Ananda dan Fadhli. 2018. Statistik Pendidikan: Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV

Widaya Puapita.

Andriani, Rike dan Rasto. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.

Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 80-86.

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anggreiny, et al. 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak di

Kelurahan Pinasungkulan Kecamatan Ranowolo Kota Bitung. Jurnal Civic Education, 3 (1), 45-57. 10.36412/ce.v3i1.907

Arianti.2018. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal

Kependidikan, 12 (2), 117-134. 10.30863/didaktika.v12i2.181

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal,

(2), 93- 196.https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064

Graha, Chairinniza. 2008. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: Gramedia.

Heriyunita. 2016. Korelasi Antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Peserta

Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih MIN 7 Jagabaya II Bandar Lampung. Lampung: FTK IAIN Raden Intan Lampung.http://repository.radenintan.ac.id/701/

Mardianto. 2012. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Masni, Harbeng. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar. Dikdaya, 05 (01), 34-45.

http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v5i1.64

Mulyaningsih. 2014. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian

Belajar terhadap Prestasi Belajar.Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4), 441- 451.

https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/156

Palitin, et al. 2019.Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra: Jurnal

Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6 (2),101- 109.

https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013.

Pramaswari, Eva. 2018. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orangtua Terhadap Motivasi Belajar.

Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2 (2), 77-82.

https://doi.org/10.26740/jpeka.v2n2.p77-82

Rahayu. 2011. Analisis Intensitas Pendidikan oleh Orang Tua dalam Kegiatan BelajarAnak,

Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa.

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 18 (1), 72-80.

http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/2759

Siregar, Sari Rosmita et al. 2021. Dasar-dasar Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Saptono. 2016. Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Regula Fidei, 1 (1), 189- 212.

http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/9

Widodo, Ario. 2015. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa

SD Kelas V. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

-Article Text-647-3-10-20220408 (3)

Yani, Zulhandri Mesri et al. 2017. Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil

Belajar Biologi Siswa SMA Kelas XI SMA Kartika 1-5 Padang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM)STKIP PGRI SUMBAR.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11715/1/Pengaruh%20Pemanfaatan%20Jurnal%20terhadap%20Hasil%20Belajar%20Biologi%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Muhammadiyah%20Limbung.pdf

Yulistiawati.2019. Pentingnya Motivasi Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Biologi.Prosiding

Seminar Nasioal Biologi VI, ojs.unm.ac.id, 488- 491.

https://ojs.unm.ac.id/semnasbio/article/view/10604/6219




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License