SISTEMATIK REVIEW: HAMBATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ari Hayati Purba, Anita Silvia, Ika Julpiah Harahap, Khairunisa Selian, May Sarah Tanjung, Nurul Muslimah Ritongah

Abstract


Pembelajaran daring dianggap menjadi jalan keluar yang paling baik pada aktivitas pembelajaran di tengah pandemi COVID-9. Walaupun sudah disepakati, namun pembelajaran tersebut memunculkan banak kontroversi bagi pengajar dan pembelajar. Pembelajaran daring hanya efektif untuk penugasan, sementara dalam memahami materi pembelajaran secara daring dianggap sulit bagi pembelajar. Tidak semua pembelajaran mempunyai fasilitas ang mendukung dalam akivitas pembelajaran daring. Hambatan lainnya seperti perangkat yang tidak mendukung, koneksi internet yang tidak memadai, dan kuota internet yang mahal menjadi kendala pembelajaran secara daring. Teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah strategi Systematic Literature Review (SLR) yang dilakukan untuk mengumpulkan dan menilai penelitian yang berhubungan dengan titik fokus suatu mata pelajaran tertentu. Dengan teknik ini, ilmuwan mensurvei dan mengenali buku harian secara efisien yang dalam setiap siklusnya mengikuti cara-cara yang telah ditetapkan Berdasarkan hasil review yang telah diselesaikan pada beberapa artikel dengan subjek berdasarkan

semboyan yang dipilih, diperoleh 10 artikel yang kemudian dikumpulkan menjadi 4 berdasarkan urutan poin. Dari penelusuran setengah jalan dan tuntas dari 4 pertemuan tersebut, diketahui bahwa masih ada beberapa penelitian yang mengkaji strategi pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran berbasis web. Selanjutnya diperoleh hasil penelitian yang antara lain: 1. Pembelajaran berbasis web pada masa pandemi COVID-19 sangat mendorong perkembangan internet yang semakin maju saat ini. 2. Ada peluang untuk menilai kemajuan internet oleh otoritas publik dengan mempertimbangkan keseriusan aturan dan strategi, yang sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan dan memerlukan penilaian untuk pembuatan pengaturan baru yang lebih baik. 3. Perkembangan kemajuan berbasis web sangat berpengaruh dengan pengalaman pendidikan dan pendidikan, namun apabila diputuskan dari penyesuaian mental siswa, hal tersebut menunjukkan sisi negatif yang dapat mempengaruhi penurunan sifat belajar siswa. Ide-ide yang harus diciptakan adalah pengaturan atau teknik yang dapat membantu dengan bekerja pada sifat siswa mencari cara untuk menjadi lebih ideal selama pandemi COVID-19.


Keywords


Biologi , covid-19, hambatan,

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi COVID-19. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111,

April. Rahman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. 02(02), 81 89. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/art icle/download/659/369/ Rosali, E. S. (2020).Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Education Journal (GEOSEE),1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication

Darmalaksana W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. 1 12. http://digilib.uinsgd.ac.id/30434/1/110420 20 15.30 KTI.pdf

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Kegiatan Sekolah Dasar. 2(1), 55–61. https://edukatif.org/index.php/edukatif/arti cle/view/89

Fey. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh: Anies Pelopori, Nadiem Sudahi. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/2 0201209093854-20- 579760/pembelajaran-jarak jauh-aniespelopori-nadiem-sudahi

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188– 198. https://doi.org/10.46781/almutharahah.v17i2.138

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565 Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1 .5628 Karo,

Saputro, LY Budiarti, H Herawati - Dunia Keperawatan, 2016 - ppjp.unlam.ac.idPratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. 34(1).

Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 4, 49–56. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah /article/view/15394

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License