ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UIN-SU DALAM MENGIKUTI MATA KULIAH MICRO TEACHING

Afdillah Afdillah, Dwi Sekar Andini, Selly Oktadiah Hasibuan, Harisa Fitrah, Nur Amalia Simbolon, Jenap Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan derajat kemampuan unjuk dasar bagi mahasiswa diklat UIN-SU tahun ajaran 2021-2022 yang mengambil mata kuliah kependidikan miniatur. Kemampuan yang ditemukan dalam ulasan ini meliputi: 1) kemampuan membuka ilustrasi, 2) kemampuan memahami, 3) kemampuan mendukung, 4) kemampuan variasi, 5) kemampuan mengarahkan percakapan, 6) kemampuan ruang belajar eksekutif, 7) kemampuan menyapa, dan 8) keahlian menutup contoh. Ujian ini merupakan eksplorasi kuantitatif dengan memanfaatkan populasi semua siswa sekolah IPA yang mengambil angkatan tahun 2019. Kepastian ujian eksplorasi menggunakan strategi pemeriksaan berkala yang menguntungkan, ujian ujian terdiri dari 3 siswa sekolah IPA, ditambah hingga 35 siswa. Strategi pengumpulan informasi menggunakan instrumen persepsi dan pengumpulan informasi menggunakan lembar persepsi. Informasi diperiksa secara jelas dan kuantitatif. Itulah hasil yang ditunjukkan: kemampuan dasar yang ditunjukkan oleh calon pendidik konsentrasi sekolah sains UINSU pada program berada di kelas yang luar biasa pada bagian ilustrasi pembuka, klarifikasi masalah mendesak, dan contoh penutup. Klasifikasi besar pada bagian otoritas kelas, memahami, dan memberi dukungan. Klasifikasinya memadai dalam hal melakukan variasi, dan klasifikasinya kurang dalam hal mendorong percakapan-percakapan kecil. Catchphrases: kemampuan pertunjukan yang penting, instruktur sains yang akan datang.


Keywords


Analisis Keterampilan, Dasar Mengajar, Microteaching

Full Text:

PDF

References


Fitri Siti Sundari, Yuli Muliyawati. (2017). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa PGSD. Pedagonal Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol 1 no1, halaman 26 36.

Mika Ambarwati. (2016). Analisi keterampilan mengajar calon guru pendidikan matematika pada mata kuliah microteaching. Junal Pedagogia, vol 5 no1, halaman 81-89.

Mulyatun. (2014). Analisis keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru kimia (studi pada praktik pengalaman lapangan mahasiswa tadris kimia). Jurnal phenomenom, vol 4 no 1,halaman 79-90.

Nurlaili. (2018). Analisis keterampilan dasar mengajar guru dalam perspektif guru pamong pada mahasiswa prodi PGMI Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, vol 4 no1, halaman 28-40.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 22 tahun 2016 tentang standar proses pembelajran pada pendidikan dasar dan menengah. Putri

Agustina, Alanindra Saputra. (2017). Profil keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru biologi pada mata kuliah microteaching. Jurnal Bioedukatika, vol v no 1, halaman 18-28.

Shoffan Shofa . (2016). Keterampilan Dasar Mengajar Microteaching. Surabaya: Mafendra

Press. Siswanto. (2010). Tingkat penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi fakultas ilmu sosial dan ekonomi UNY. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, vol VIII, no.2, halaman 41-51. Sugiono. (2013). Metode

Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Undang-undang Republik Indonesia no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Uzer Usman. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosyda Karya.

Zainal Asril. (2013). Micro Teaching. Depok: Rajawali Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License