PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STATISTIKA DASAR BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Cut Nabilah Afifah Cut Nabilah Afifah

Abstract


Eksplorasi ini merupakan kajian terhadap peningkatan perangkat pembelajaran yang direncanakan untuk: (1) menggambarkan siklus perbaikan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang sah berisi sekolah karakter dalam pembelajaran Statistika Dasar dengan menggunakan strategi Problem Based Learning;(2) untuk melihat apakah membiasakan melibatkan gadget yang berisi pendidikan karakter dalam pembelajaran Statistika Dasar menggunakan strategi Pembelajaran Berbasis Masalah adalah layak. Kotak alat ini dibuat menggunakan model kemajuan Ploom. Penyempurnaan awal gadget ini dilakukan pada program studi S1 Pendidikan Matematika pada pembelajaran Statistika Dasar. Faktor bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan inspirasi dan siklus, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis. Metode yang terlibat dalam pengembangan instrumen ini dapat menghasilkan perangkat yang sah dan penemuan yang diselesaikan dengan menggunakan perangkat ini juga kuat.


Keywords


Pendidikan Karakter, Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Full Text:

PDF

References


Ali, Zulfiqar dkk. 2011. Motivation and stu- dent’s behavior : A tertiary level study. International Journal of Psy- chology and Counselling, Vol 3 (2) pp 29-32.

Ali, Riasat dkk. 2011. The Impact of Motiva- tion on Student’s Academic Achievement in Mathematics in Prob- lem Based Learning Environment. Inetrnational Journal of Academic Reasearch Vol 3 No 1, 306 – 309.

Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Leibman, Zipora. 2010. Integrating Real- Life Data Analysis in Teaching De- scriptiv Statistics: A Constructivist Approach. Journal of Statistic Educa- tion. 18, (1). www.amstat.org/publications/jse/v18 n1/libman.pdf

Muslikhah. 2007. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Heroik dan Turnamen Materi Turunan Kelas XI. Tesis Semarang: Program Pascasarjana.

Ruseffendi, E.T. 1994. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Savery, John R. 2006. Overview of Problem- based Learning: Definitions and Dis tinctions. The Interdisciplinary Jour- nal of Problem-based Learning. vol- ume 1, no. 1 (Spring 2006). 9-20

Shi.Ning-zhong. 2009. Understanding Statis- tics and Statistiscs Education:A Chi- nese Perspektive. Journal of Statistic education. 17 (3), (1-8) www.amstat.org/publications/jse/v18 n1/libman.pdf

Sunoto, U. 2002. Pendekatan Keterampilan Proses Melalui Metode Penemuan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 2c: Penelitian Tindakan Kelas Di Smp N 3 Larangan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, tahun VIII, Edisi khu- sus, Juli 2002.

Tella, Adedeji. 2007. The Impact of Motiva- tion on Student’s Academik Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Students in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Sci- ence&Technology Education. 3(2), 149-156.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License