PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DENGAN MEDIA GOOGLE FORM PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN

Habibunnisa ,, Bella Vilanda, Dwie Jihan Fadillah, Lana Paujiah Nst, Widia Tri Utami, Armita Ningsih, Rabi'ah Afifah Daulay

Abstract


Tinjauan ini diharapkan dapat memutuskan kecukupan pemanfaatan media penilaian Google Form dalam kerangka contoh terkait hasil belajar siswa kelas XI sekolah menengah bila dibandingkan dengan pembelajaran biasa yang diterapkan di sekolah. Teknik eksplorasi yang digunakan dalam review ini adalah strategi ujian eksploratif dengan tes ujian kelas IX A SMA. Konfigurasi pengujian yang digunakan adalah pretest-posttest control bunch plan. Berbagai tes diarahkan untuk mengukur kontras dalam kelayakan media evaluasi Google Form dan media pembelajaran biasa dalam kaitannya dengan model untuk hasil pembelajaran. Dilihat dari akibat uji t manfaat tipikal hasil belajar diperoleh t hitung > t tabel (2,870 > 1,66980 1, dan nilai kepentingan (P) 0,006 < (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diakui Hal ini menunjukkan bahwa media penilaian Google Form sangat ampuh untuk lebih mengembangkan hasil belajar siswa kelas XI SMP.


Keywords


Pengembangan, Hasil Pembelajaran, Struktur Google, Pernapasan

Full Text:

PDF

References


Dwi Purwati, Alifi Nur Prasetia Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di SMA N 1 Prambanan. Jurnal Istoria. UNY

IhsanFuad. 2003. Dasar-dasarKependidikan. Jakarta: RinekaCipta.

Kurnia Shinta Dewi. 2011. Efektivitas E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri Depok. Yogyakarta: UNY.

Kuswanti, M. U. dan N. (2021). Development Of Assessment Instrument Based On Higher Order Thinking Skills Of Respiratory System Of Grade Xi

Myanda, A. A., &Riezky, M. P. (2020). Development of Two-Tier Multiple-Choice Test to Assess Students ’ Conceptual Understanding on Respiratory System Material of 11 th Grade of Senior. International Journal of Science and Applied Science, 4(1), 44– 55.

Nana Sudjana & Ibrahim. 2006. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sekar,D.K.S., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G.(2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Pemaron Kecamatan Buleleng .EJournal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 11–21.

Uno Hamzah B. 2008. ProfesiPendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Yuliana, R., Karyanto, P., &Marjono.(2013). PengaruhPemanfaatan Concept Map dalam Model Konstruktivisme tipe Novick terhadap Miskonsepsi pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia. Bio Pedagogi, 2(2), 45–57.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur. PT.Remaja Rosdakarya: Bandung




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License