KEANEKARAGAMAN JENIS SERANGGA DILAHAN PERSAWAHAN PADI (Oryza Sativa) MENGGUNAKAN METODE PLOT DI KECAMATAN LUBUK PAKAM

Halimatussya’diyah Halimatussya’diyah, Jeneri Puspita Sari, Siti Nurbaya, Sauda Julia Intana, Putri Bungsu, Lidya Ramadhani, Dewi Yulika, Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti

Abstract


Sawah memiliki variasi serangga yang sangat bergeser. Pemusnahan kutu busuk di Dusun Pasar 5 Sedang, Sidodadi Ramunia, Beringin Lupuk Pakam Kabupaten selesai idealnya, dengan alasan sebagian besar peternak tidak mengendalikan jenis gangguan yang melanda padi mereka. Motivasi yang melatarbelakangi penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang jenis-jenis serangga pengganggu pada tanaman padi dan untuk menentukan catatan varietas. Eksplorasi ini diselesaikan dengan menggunakan teknik snare dan pemulihan bug dilakukan dengan menggunakan jaring bug. Informasi pengamatan diperiksa menggunakan daftar varietas Shanon Wiener (H). Hasil yang diperoleh adalah 7 jenis gangguan serangga dari 10 keluarga, yaitu Magina Syringa, Arachnis picta, Ischnura posita, Orthetrum Sabina, Pantala Favescens, Chocolate Chili Hermit, Xylocopa latipes. Catatan varietas gangguan hama padi di Kabupaten Beringin diurutkan sedang dengan nilai 2,35 dan daftar dominan 0,108. Nilai ini menunjukkan bahwa penyebaran spesies tersebar secara merata sehingga tidak ada spesies serangga yang mendominasi di dekatnya.


Keywords


Keanekaragaman jenis, Serangga, Oryza sativa,Tanaman padi

Full Text:

PDF

References


Hidayat, Anwar. 2001. Mengidentifikasi Jenis dan Sifat Hama. SMK Pertanian:Jakarta.

Manurung, B. 2015. Entomologi. FMIPA Unimed Press. Medan

Jumar. 2000. Entomologi Pertanian. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Hadi, Mochamad., Udi Tarwodjo., Rully Rahadian. 2009. Biologi Insekta Entomologi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sudarmo, Subiyakti. 1995. Pengendalian Serangga Hama Penyakit dan Gulma Padi. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Suharto, 2007. Pengenalan dan Pengendalian Hama Tanaman Pangan. Andi Offset. Yogyakarta.

Sunarno, 2010. Pengendalian Hayati (Biologi Control) Sebagai Salah Satu Komponen Pengendalian Hama Terpadu (Pht). Biotroika, 2: 55-60.

Hill. D. S.1997. The Economic Importance of Insects. Chapman and Hal. London. Weinheim. New York. Tokyo Melborne. Madras. 395p.

Hadi M dan Aminah. 2012. Keragaman Serangga dan Perannya di Ekosistem Sawah. Jurnal Sains dan Matematika. Vol. 20 (3):54-57.

Hadi M, Udi T, Rully R, 2009. Biologi Insekta Entomologi. Graha Ilmu. Yogyakarta

Lotts, Kelly & Naberhaus, Thomas (2017). "Ngengat Harimau yang DilukisArachnis picta Packard, 1864" . Kupu kupu dan Ngengat Amerika Utara . Diakses pada 9 Agustus 2019 .

Belanda, William (1905). Buku Ngengat . New York: Doubleday, Page & Co. p. 124.

Jones, Richard. (2006). Bibliografi Commonwealth Apiculture.ISBN 0850927714. 190.

Solomon, AJ Raju, dan S. Purnachandra Rao. (2006). "Kebiasaan bersarang, sumber daya bunga dan ekologi mencari makan lebah tukang kayu besar (Xylocopa latipes dan Xylocopa pubescens) di India". ILMU SAAT INI, VOL. 90, TIDAK. 9, 1210

Mardan, M., Yatim, Ismail, M. dan Raji Khalid, Mohd. (1991). “Biologi Bersarang dan Aktivitas Mencari Makan Lebah Tukang Kayu pada Buah Nuruddin, M. (2018). Keanekaragaman Jenis Capung (Odonata) Di Kawasan Taman Nasional Sebangau Resort Habaring Hurung Palangka Raya. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 29–50.

Wijayanto, A. G., Nafisah, N. A., Laily, Zainul, Zaman, M. N. (2016). Inventarisasi Capung (Insecta: Odonata) dan Variasi Habitatnya di Resort Tegal Bunder dan Teluk Terima Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek 2016 ISSN: 2557-533X.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License