Analisis Kepuasaan Mahasiswa/i Biologi Terhadap Alat Pendukung Di Laboratorium Biologi Pada Mata Kuliah Pratikum Mikrobiologi

Cindy Sagita, Febby Erna Sari Sari, Fadilla Al Hasanah Hasanah, Syifa Ramadhani Ramadhani, Windari Ramadani Ramadani

Abstract


Praktikum merupakan teknik pembelajaran yang dapat menumbuhkan rasa ingin, dinamis, imajinatif, kreatif, dan memiliki rasa amanah dalam mengelola suatu persoalan dalam kebenaran kehidupan. Siswa memperoleh informasi penting untuk melengkapi spekulasi yang didapat di kelas yang bersifat verbalistik, melatih latihan logika, menanamkan dan mengembangkan mental logis serta menambah inspirasi belajar siswa. Dengan tujuan agar siswa pelatihan sains adalah calon instruktur sains masa depan untuk memiliki informasi yang memuaskan tentang perangkat dan kantor mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memperoleh informasi tentang konsentrasi sekolah sains UINSU pada program studi tentang perangkat keras dan penggambaran pusat penelitian. Ujian ini diselesaikan di UINSU, pada program konsentrasi sekolah sains, bertambah menjadi 46 orang. Instrumen yang digunakan dalam review ini adalah tes dan polling. Dampak dari penelitian ini adalah (1) Informasi siswa pada program studi konsentrasi sekolah sains tentang peralatan dan cara kerja fasilitas penelitian cukup memadai dan perlu ditingkatkan, (2) Dampak dari survei tertutup yang diberikan kepada siswa adalah (a) bagian minat dalam latihan praktikum 86, 96% menyatakan setuju dan 13,04% menyatakan setuju; (b) kondisi lab 78,26% menyatakan setuju dan 21,74% setuju harus ditingkatkan, (c) pelaksanaan praktikum dan dasar pelaksanaan praktikum 100 persen mahasiswa menyatakan bagus; (d) laporan dan penilaian praktikum 76,09% mahasiswa menyatakan sangat  baik dan cukup 23,91%.

Keywords


Pengetahuan, Peralatan Laboratorium

Full Text:

PDF

References


Adijuwana, H. 1992. Manajemen Laboratorium. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Agustina, P., dkk. 2016. Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Praktikum: Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS, Proceeding Biology Education Conference, Vol 13(1): 536-540.

Adisendjaja, Y.H. 2012. Kegiatan Praktikum dalam Pembelajaran Sains, Jurnal Jurusan Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia.

Hariyatmi, dkk, 2012, Analisis Hasil Praktikum Fisiologi Hewan Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UMS Berdasarkan Media dan Strategi yang digunakan pada Pembekalan Praktikum, Prosseding Seminar Nasional X Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Hasruddin dan S. Rezeqi. 2012. Analisis Pelaksanaan Praktikum Biologi dan Permasalahannya di SMA Negeri SeKabupaten Karo. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED 9(1): 17-32.

Herrani, C.R., 2015, Penggunaan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Biologi Dalam Menggunakan Alat-alat Mikrobiologi, Jurnal: Widya Dharma Jurnal Kependidikan, 27(2):160-174.

Hudha, A.M, 2011, Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi di laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang, Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1(1):37-51.

Kertiasa, N. 2006, Laboratorium Sekolah dan Pengelolaannya, Pudak Scientific, Bandung.

Maknun, D., 2012, Evaluasi Keterampilan Laboratorium Mahasiswa Menggunakan Asesmen Kegiatan Laboratorium Berbasis Kompetensi Pada Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Jurnal: Holistik, 13(01):121-144.

Munandar, K. 2008. Pengenalan Laboratorium: Pengantar Pengelolaan Laboratorium di Sekolah. Pandea, Jember.

Peraturan Mendiknas RI. No. 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

Plummer, David T. (1979), An Introduction to Practical Biochemistry, Second Edition, Tata McGaraw-Hill Publishing Company, New Delhi.

Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Kencana. Jakarta.

Wirjosoemarto, Koesmadji, 2004, Teknik Laboratorium, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License