ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP BIOTEKNOLOGI PADA SISWA SMA DENGAN KEGIATAN PRAKTIKUM

Nirwana Saparas Saparas, Irda Wulandini Wulandini, Rizki Putri Khoiriah Sipahutar Sipahutar, Sri Yanti Tarihoran Tarihoran, Miftahul Kharani Kharani, Indayana Febriani Tanjung tanjung

Abstract


Tujuan dari penlitian ini ialah untuk mengetahui pemahaman pada konsep bioteknologi khusunya pada siswa jenjang SMA. Penelitan ini dilakukan dengan metode pengumpulan data kuesioner yaitu menggunakn teknik Self- Administered Questionnaires. Pengambilan data pada kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 10 siswa jenjang SMA di wilayah Labura. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa 95 % siswa memiiki pemahaman mengenai konsep bioteknologi. Dari hasil kuesioner juga menunjukan bahwa sebagian besar siswa dapat tuntas dalam menjawab kuesioner yang diberikan. beberapa alasan yang cukup masuk akal seperti (1). Ketersediaan alat dan bahan, (2) Keterjangkauan alat dan bahan dan (3) Resiko proses. Oleh karena itu proses pembelajaran untuk materi bioteknologi moderen mungkin lebih baik di laksanakan dengan metoda diskusi Informasi/ presentasi


Keywords


Metode Pengisian Kuesioner, Pemahaman siswa

Full Text:

PDF

References


Octaviani, Tarisa Putri., Umi Sholikhah. 2021. Analisis Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Smp DenganKegiatan Praktikum. Jurnal Pendidikan IPA. Vol. 10, No. 2, (hal 145-149)

Fajarianingtyas,Dyah Ayu., dan Jefri Nur Hidaya. 2015. Meningkatkan Pemahaman Konseptual Bioteknologi Melalui Handout Di Kampus Cemara Sumenep. Jurnal Lentera Sains (Lensa). Vol. 5 Jilid II. pp.

Zetkas,Eryati., Fauziyah Harahap dan Syahmi Edi. 2016 . Analisis Pemahaman dan Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi Berdasarkan Indikator Kelas IX SMP Se-Kota Padang Sidempuan. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 5, No. 3. Pp

Nurhayati, B. 2000. Pengembangan Paket Belajar Bioteknologi dan Pengaruhnya Terhadap Sikap, Minat, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Siswa. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Mardiana. 2015. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Bioteknologi. Medan: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan

Widyaningsih, Ika Hertika. 2018. Upaya Meningkatan Kemampuan Siswa Dalam Mendeskripsikan Penerapan Bioteknologi Melalui Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ). Jurnal Wahana Pendidikan. Volume 5(3).pp

Zulpadly, Zulpadly, Fauziyah Harahap, and Syahmi Edi. "Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi SMA Negeri Se-Kabupaten Rokan Hilir." Jurnal Pendidikan Biologi 6.1: 242-248.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License