ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATERI BIOTEKNOLOGIPADA SISWA SMA DI PEMATANG SIANTAR

Muhammad Rizki Nasution, Miftah Sandia Arilia, Putri Puspita Sari, Vira Putri Fadhillah, Miftahul Khairani Nasution, Indayana Febriani Tanjung, Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti

Abstract


Kesulitan belajar adalah sebuah kondisi yang mana siswa tidak bisa belajar dengan baik karena diakibatkan adanya rasa ancaman, ataupun gangguan. Kesulitan belajar memiliki 2 faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI tahun ajaran 2021-2022 di daerah Pematang Siantar pada materi Bioteknologi. Metode penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang dengan teknik pengumpulan berupa lembar angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa faktor eksternal menjadi faktor penyebab tertinggi sebesar 41,23% yang meliputi: faktor sarana prasarana (14,33%), media (15,12% ), buku (11,78%). Persentase faktor internal sebesar 39,49% yang terdiri dari bakat (16,96%), minat & motivasi (15,78%), kesehatan (6,75%).

 

 


Keywords


Biotechnology, learning difficulties, internal, external

Full Text:

PDF

References


Ardianti, S. Dwi., Pratiwi, I. Ari., Kanzunnuddin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Refleksi Edukatika, 7(2), 145-150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Aulina, C. Nisak. (2018). Penerapan Metode Whole Brain Teaching dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.1

Budiyono, F. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Gapura Timur I Sumenep. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 8(1), 60-67. http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2516

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa MIN JANTI. JDPP: Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1),1-4. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Fitri, J. (2019). Minat Baca dan Kebiasaan Mencontek Dalam Hasil Belajar Memahami Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 1 Pariaman. Jurnal Pena Indonesia: Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra dan Pengajarannya, 5(1), 31-38. https://doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p31-38

Hamdu, Ghullam., Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 12(1), 81-85. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=iKCBfDwAAAAJ&citation_for_view=iKCBfDwAAAAJ:2osOgNQ5qMEC

Hartini, K., Soetjiningsih., N. Neti. (2014). Korelasi Derajat Obesitas Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sari Pediatri, 16(1), 41-45. http://dx.doi.org/10.14238/sp16.1.2014.41-6

Herlina, L., Suwanto. (2018). Kecerdasan Intektual dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3 (2), 246-254. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11770

Imastuti., Wiyanto., Sugianto. (2016). Pemanfaatan Labolatorium Dalam Pembelajaran Fisika SMA/MA Se-Kota Salatiga. Unnes Physics Education Journal, 5(3), 52-58. https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13730

Kurniawan, B., Wiharna, O., Permana, T. (2017). Study Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 156-162. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Laa, N., Winata, H., Meilani, R. Intansari. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran, 2(2), 139-148. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8115

Liana, Y. Rima., Linuwih, S., Sulhadi, S. (2020). The Development of Thermodynamics Law Experiment Media Based on IoT: Laboratory Activities Through Science Problem Solving for Gifted Young Scientists. JPPPF: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(1), 51-64. http://doi.org/10.21009/1

Mahardika, I. K., Subiki., Anggraeni, N. Putri., Juanda, D. Harya. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Fluida Dinamis. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5239-5247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3199

Masroza, F. (2013). Prevalensi Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Pauh Padang. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1 (1), 215-227. https://doi.org/10.24036/jupe9470.64

Muhtarom. (2017). Penerapan Media Audio Visual Macromedia Flash dan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Widyagogik, 4(2), 146-154. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v4i2.2888

Nani., Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 12 Singkawang. JERR: Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55-62. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

Nurlia., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 321-328. http://dx.doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552

Nurmahmidah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Pokok Bahasan Peluang Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sedayu. Jurnal Mercumatika, 1(2), 139-146. https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i2.252

Nurbaiti. (2020). Teacher’s Mental Health in Students Perspective and Its Contribution to Student’s Achievement of Islamic Religious Studies. TAZKIYA: Jurnal of Phychology, 8(2), 115-125. http://dx.doi.org/10.15408/tazkiya.v8i2.14236

Nisa, U., Sukmawati., Syamsidar., Sari, I., Auliah., Muhiddin N. H. (2021). Optimalisasi Pengelolaan Laboratorium (Laboratory Management) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan Penggunaan Laboratorium Prodi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar, Jurnal Lepa-Lepa Open, 1(1), 129-135. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/16865

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmah Sekolah Dasar, 2 (3), 257-265. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140

Rahmadani, W., Harahap, F., Gultom, T. (2017). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 279-285. https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6546

Rusmawan. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 32(2), 285-295. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1487/pdf

Telaumbanua, A. (2022). Kontribusi Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Kayu. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 29-34. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.5

Utomo, K. Dwi., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 1-9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.29923

Widyaningrum, H. Kusuma., Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar (Study of Difficulty Learning to Read Beginning Writing (MPP) in Primary School). PEDAGOGIA (Jurnal Pendidikan). 8(2), 189-200. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License