PROFIL KUALITAS PERTANYAAN MAHASISWA CALON GURU PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM KONTEKS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS)

Raja Novi Ariska, Dini Fitria

Abstract


Kelas Biologi yang baik selalu dimulai dari pertanyaan yang membangkitkan rasa ingin tahu dan menstimulasi siswa berpikir, oleh karena itu kemampuan mengajukan pertanyaan yang berkualitas adalah elemen yang wajib dikuasai oleh seorang pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnostik profil kualitas pertanyaan mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi Universitas Samudra dalam konteks High Order Thinking Skills (HOTS) sehingga dapat memberi masukan bagi perbaikan dan peningkatan keterampilan dasar mengajar mahasiswa calon guru, khususnya keterampilan bertanya. Subjek penelitian terdiri dari 48 mahasiswa  yang mengambil mata kuliah Bioteknologi di semester 4 dan belum mendapatkan mata kuliah microteaching. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mahasiswa calon guru dalam mata kuliah Bioteknologi yang berjumlah  164 pertanyaan. Analisis data kualitas pertanyaan menggunakan instrument matriks taksonomi Bloom edisi revisi Anderson dan Karthwohl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% pertanyaan masih berada dalam level Low Order Thinking Skills (LOTS) dengan akumulasi C1 26%, C2 38%, dan C3 16%. Sementara 20% pertanyaan tergolong dalam High Order Thinking Skills (HOTS) dengan akumulasi C4 19% dan C5 1%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pertanyaan mahasiswa calon guru masih berada pada level berpikir tingkat rendah

 


Keywords


Kualitas pertanyaan, HOTS, Taksonomi Bloom

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (2001). A taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy and Educational Objectives. New York : Longmann

Annuuru, T.A., Johan, R.C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. EDUTCEHNOLOGIA, Tahun 3, Vol 3 No. 2, Agustus 2017

Ariesta, F.W. (2018). Mengintegrasikan High Order Thinking Skills (HOTS) Pada Pembelajaran Sains di SD. Binus University. Jakarta

Cautinho, M, J., dan Almeida, P, A.(2014). Promoting Student Questioning in Learning of Natural Science. Procedia-Social and Behavioral Science. 3781-378

Chin, C. (2001). Learning in Science: What Do Students’ Questions Tell Us About Their Thinking?. Education Journal. 29(2).85- 103

Chin, C., & Kayalvizhi, G. (2005). What do pupils think of open science investigations? A study of Singaporean primary 6 pupils. Educational Research, 47(1), 107–126.

Nurramadhani, A. (2019). Profil Kualitas Keterampilan Bertanya Mahasiswa Calon Guru Dalam Pembelajaran Sains. Pedagonal. Vol.3 No. 2 (2019)

Sugiyanto, R. (2009). Penerapan Metode Bertanya Dalam Kegiatan Praktek Lapangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Mahasiswa. Jurnal Geografi FIS-UNNES. Volume 6 No. 2 Juli 2009

Sugiyono, (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV Alfabeta

Wolf, M. K., Crosson, A. C., & Resnick, L. B. (2005). Classroom talk for rigorous reading comprehension instruction. Reading Psychology, 26, 27- 53.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License