Pengaruh Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak Terhadap Peningkatan Parent Tutoring Pada Orang Tua Siswa PAUD di TK YP Singosari, Deli Tua

Barita Esman Dabuuke, Taruli Marito Silalahi, Winny Sunfriska Limbong, Robinson Hutagaol

Abstract


 

Parent Tutoring merupakan bantuan akademik yang diberikan dari orang tua kepada anak. Bantuan tersebut meliputi tidak hanya dari segi kognitif saja, tetapi juga afektif dan psikomotorik yang harus diperhatikan oleh orang tua. Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak pada dasarnya merupakan Psikoedukasi mengenai bimbingan orang tua yang didalamnya terdapat tiga aspek pada taksonomi Bloom yaitu aspek psikomotorik aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi referensi mengenai program Psikoedukasi terhadap peningkatan keterampilan orang tua dalam mendidik anak, khususnya terhadap peningkatan Parent Tutoring orang tua dengan metode yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak.  Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah studi Observasional dengan desain quasi experiment terhadap 20 orang tua anak PAUD di TK YP Singosari kelompok kasus dan 20 orang tua anak PAUD di TK YP Singosari pada kelompok kontrol yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak terhadap peningkatan Parent Tutoring pada orang tua siswa PAUD di TK YP Singosari, Deli Tua. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu dengan skala, tes pengetahuan dan observasi. Skala yang digunakan adalah Skala Parent Tutoring. Tidak ada responden yang mengalami penurunan skala Parent Tutoring setelah diberi Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak, Mayoritas responden yang mengalami kenaikan skala Parent Tutoring setelah diberi Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak, Psikoedukasi Orang Tua Bimbing Anak efektif untuk Meningkatkan Parent Tutoring Pada Orang Tua Siswa PAUD di TK YP Singosari, Deli Tua

Keywords


Psikoedukasi, Parent tutoring, Orang Tua Bimbing Anak

Full Text:

PDF

References


Ambaryanti, R (2013). Hubungan pendampingan belajar (tutoring) orang tua dengan kualitas Hasil Belajar Siswa di RA Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 38-42. doi: 10.1177/105687695

Hasan, B. (2010). Psikologi dan ilmu pendidikan islam. Bandung, Pustaka Setia.

Laura, B. C. (2011). Training parents as effective literacy tutors: increasing the procedural integrity of tutoring. Taylor-Francis Online Journal, 3(1), 5-18. doi: org/10.100910.GH1987

Merret, F. (2010). Improving reading: Parent Tutoring for pre-schools. Taylor-Francis Online Journal, 2(1), 241-243. doi.org/10.1080/14616734.2010.672262

Permendikbud. (2016). Peraturan tentang standar proses pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Prisca, S. (2016). Hubungan bimbingan belajar orang tua dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas V SDN gugus erlangga kecamatan pecagaan jepara. Jurnal Pendidikan Indonesia, 19 (2), 10-16. doi: org/10.1092/swr/192.231

Santrock, J. W. (2009). Perkembangan anak. Jakarta: Erlangga.

Sheridan. (2005). Conjoint behavioral consultation: promoting family-school connections and interventions. New York: Springer.

Sofyan, H. (2014). Perkembangan anak usia dini dan cara praktis peningkatannya. Jakarta: Infomedika.

Supratiknya, A. (2011). Merancang intervensi dan modul Psikoedukasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Walsh, J. (2010). Psycheducation in mental health. Chicago: Lyceum Books, Inc.

Widyastuti, A. (2018). Implementasi program parenting tentang stimulasi membaca, menulis, berhitung bagi orang tua dan guru PAUD limo depok. Jurnal Terapan ABDIMAS, 7(1), 21-29.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License