Persepsi Siswa Terhadap Media Sosial Whatsapp Sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi Pada Materi Jamur Kelas X MIA SMA Negeri 18 Medan T.P 2021/2022

Wirda Hannum Simanungkalit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan media sosial whatsapp sebagai penunjang pembelajaran biologi dan mengetahui keunnggulan serta kendala yang dialamai oleh siswa kelas X MIA SMA Negeri 18 Medan. Penelitian ini dilaksanakan bulan Februari-April 2022 di SMA Negeri 18 Medan. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa yang dipilih secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media sosial whatsapp sebagai penunjang pembelajaran biologi. Hasil penelitian persepsi siswa dikategorikan baik yaitu sebesar 77% dan kendala dalam menggunakan media sosial whatsapp dalam pembelajaran yaitu 71% masuk kedalam kategori baik dan kendala-kendala yang dialami siswa antara lain kendala jaringan, kendala karena tidak semua siswa memiliki handphone untuk mengikuti jadwal pelajaran, keterbatasan guru untuk menilai siswa secara langsung, dan keunggulan media sosial whatsapp dalam pembelajaran 86% termasuk dalam kategori sangat baik, keunggulan media sosial whatsapp ini antara lain dapat mempermudah komunikasi antara siswa dan guru dan guru mudah mengirimkan materi dan tugas kepada siswa dalam pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci : Persepsi siswa, Whatsapp, Pembelajaran biologi




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License