Hubungan Tingkat Depresi Terhadap Penurunan Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia Yang Berobat di Poliklinik Rumah Sakit Haji Medan

Khamila Balqist, Julahir Hotmatua Srg

Abstract


Jumlah lansia meningkat baik di negara maju maupun negara berkembang. Masalah kesehatan yang sering dijumpai pada lansia adalah perubahan fungsi kognitif dan mental yang dapat mempengaruhi kualitas hidup lansia. Salah satu masalah mental yang paling umum adalah depresi. Depresi merupakan gangguan emosi dan mood yang dapat menyebabkan penurunan fungsi motorik, gangguan fungsi eksekusi dan kemampuan menilai. Gangguan kognitif pada lansia dapat ditandai dengan defisit pada area tertentu dari memori, keterampilan bahasa, dan kemampuan eksekutif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat depresi dengan gangguan fungsi kognitif pada lansia yang berobat di Poliklinik Rumah Sakit Haji Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan metode studi cross sectional. Dari hasil uji Chi-Square antara variabel tingkat depresi terhadap penurunan fungsi kognitif, diperoleh nilai p = 0,001. Karena p = 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat depresi dengan penurunan fungsi kognitif

Keywords


Depresi, Gangguan Fungsi Kognitif, Lansia

Full Text:

PDF

References


Kemenkes. Analisis Lansia di Indonesia. Kementrian Kesehatan RI; 2017. BPS. Statistik Penduduk Lanjut Usia 2020. BPS; 2020.

Bappenas, BPS, UNFPA. Proyeksi Penduduk Indonesia 2015-2045 Hasil SUPAS 2015. BPS; 2018.

Bappenas. Transisi Demografi dan Epidemiologi: Permintaan Pelayanan Kesehatan di Indonesia. Bappenas; 2019.

Saczynski JS. Depressive Symptoms and risk of Dementia. Neurology; 2010.

Kang H, Zhao F, Prakash R. Pseudo- dementia : A Neuropsychological Review. Department of Emergency; 2014.

Wulansari I. Hubungan Antara Gangguan Fungsi Kognitif Dengan Depresi pada Lanjut Usia Demensia di Posyandu Lansia. FK UMS. Published online 2015.

Barua A, Ghosh M, Kar N, Basilio M. Prevalence of depressive disorders in the elderly. Ann Saudi Med. 2011;31(6):620– 624.

Forlani C, Morri M, Ferrari B, Dalmonte E, Menchetti M, Ronchi D De. Prevalence and gender differences in late-life depression: a population-based study. Am J Geriatr Psychiatry. 2014;22(4):370–380.

Wiesel TW, Nelson C, Tew W, Hardt M, Mohile S, Owusu C. Cancer Aging Research Group (CARG). The relationship between age, anxiety, and depression in older adults with cancer. 2015;24(6):712.

Y Zhang, Xu Y, Nie H, Lei T, Wu Y, Zhang L. Prevalence of dementia and major dementia subtypes in the Chinese populations: a meta-analysis of dementia prevalence surveys. J Clin Neurosi. 19:1333– 1337.

IHPA. Standardised Mini-Mental State Examination (SMMSE).

Kim H, Lee S, Ku B, Ham S, WS P. Associated factors for cognitive impairment in the rural highly elderly. Brain Behave. 2019;9(5):1203.

Ji Y, Shi Z, Zhang Y, Liu S, Yue W. Prevalence of dementia and main subtypes in rural northern China. Dement Geriatr Cogn Disord. 2015;39:294–302




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License