ANALISIS KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KELENGKAPAN ALAT KESEHATAN DENGAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN SERANGAN JANTUNG

Dian Anggri Yanti, Hariati Hariati, Kardina Hayati

Abstract


Setiap tahun, banyak pasien yang cedera atau meninggal karena pelayanan kesehatan yang tidak aman. Sebagian besar cedera yang terjadi ini dapat dicegah. Kejadian yang tidak diharapkan ini diperkirakan menjadi penyebab ke-14 terjadinya kematian dan kesakitan yang tertinggi di dunia, penyebab kematian dan kesakitan yang sama disebabkan oleh malaria dan tuberculosis. Yang dimaksud dengan keselamatan pasien (patient safety) adalah proses dalam suatu Rumah Sakit yang memberikan pelayanan pasien yang lebih aman, termasuk melakukan penilaian risiko, identifikasi, dan manajemen risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan untuk belajar dan menindaklanjuti insiden, dan menerapkan solusi untuk mengurangi serta meminimalisir timbulnya risiko. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kompentensi SDM dan kelengkapan alat kesehatan dengan insiden keselamatan pasien serangan jantung. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan crossectional. Penelitian dilaksanakan di RSU Sembiring Delitua. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien serangan jantung yang datang berobat ke RSU Sembiring Delitua, sampel yang digunakan dengan sampel minimal sebanyak 96 orang dengan teknik consecutive sampling. Analisis dapat dilakukan  secara univariat, bivariat, dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan kompetensi SDM dan kelengkapan alat kesehatana dengan Insiden Keselamatan Pasien Serangan Jantung. Diharapkan  tenaga kesehatan dapat meningkatkan kompetensi dalam pelayanan penyakit jantung melalui berbagai pelatihan


Keywords


Kompetensi, Alat Kesehatan, Penyakit Jantung

Full Text:

PDF

References


Asem, N., Sabry, HA. & Elfar, E., 2019. Patient safety: knowledge, influence and attitude among physicians: an exploratory study. Asem et al. Journal of the Egyptian Public Health Association, Volume 94, p. 22.

Carayon, P. & Wood, KE., 2010. Patient Safety: The Role of Human Factors and Systems Engineering. Stud Health Technol Inform., Volume 153, pp. 23-46.

Carayon, P. & Wood, KE., 2019. Patient Safety: The Role of Human Factors and Systems Engineering. Stud Health Technol Inform., Volume 153, pp. 23-46.

Chouhan, VS. & Srivastava, S., 2017. Understanding Competencies and Competency Modeling ― A Literature Survey. IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 16(1), pp. 14-22.

Dewi, AN., Arso, SP. & Fatmasari, EY., 2019. Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien Di Unit Rawat Inap RS Wava Husada Kabupaten Malang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), pp. 20-30.

Haryanto, FK. & Anindita, R., 2018. Peranan Kompetensi SDM Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Di Klinik Hemodialisis NU Cipta Husada. Hospitalia, 1(1), pp. 29-42.

Henriksen, K. et al., 2017. Chapter 5. Understanding Adverse Events: A Human Factors Framework. In: Patient Safety and Quality: An Evidence-Based Handbook for Nurses: Vol. 1. Rockville MD: Agency of Healthcare Research and Quality Publications

Kamali, A., Söderholm, M. & Ekelund, U., 2019. What decides the suspicion of acute coronary syndrome in acute chest pain patients?. BMC Emergency Medicine, 14(9), pp. 1-8.

KKPRS, 2015. Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien. Jakarta: Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KKPRS)

Rivai, F., Sidin, AI. & Kartika, I., 2016. Faktor Yang Berhubungan Dengan Implementasi Keselamatan Pasien Di Rsud Ajjappannge Soppeng Tahun 2015. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, 5(4), pp. 152-157.

Utarini A., 2018. Accreditation of health care organization,health professional and higher education institution for health personnel, Health Project V,. Yogyakarta: s.n.

W.H.O (2019) Technical Report : Medication Safety in High Risk Situation. Geneva: (WHO/UHC/SDS/2019.10)




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License