Analisis Kemampuan Model Pendidikan Resolusi Konflik Berbasis Kearifan Lokal dan Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Kota Banda Aceh

Harun Nun Rasyid, Muchsin Muchsin

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hubungan materi resolusi konflik berbasis kearifan lokal terhadap permasalahan motivasi belajar pada siswa SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apasaja yang dihadapi oleh siswa dalam meningkatkan motivasi belajar melalui resolusi konflik pada tingkat SMP Negeri Kota Banda Aceh. Untuk   memperoleh   hasil   yang   maksimal   penelitian   ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur kualitas materi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap semangat siswa setelah mengikuti pelajaran dengan menggunakan skala likert. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menemukan data-data yang akurat, tentang kendala-kendala  yang  dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar. Mengingat jumlah populasi cukup banyak, maka data diambil dari SMP negeri saja dengan total populasi 379 orang, sampel diambil menggunakan sistem teknik cluster dan purposive sampling.  sesuai  dengan  rumus  yang  ditentukan maka  jumlah sumber data siswa 30 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran materi resolusi konflik dengan motivasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh. Kendala utama yang dihadapi adalah belum ada jam mengajar untuk mata pembelajaran konseling. Oleh karena itu, perlu adanya mata pelajaran khusus untuk pembelajaran konseling khususnya resolusi konflik.

Keywords


Model Pendidikan resolusi konflik, Kearifan Lokal, dan Sekolah Menengah Pertama

Full Text:

PDF

References


Antonius, dkk. (2002). Empowerment, Stress dan Konflik. Jakarta: Ghalian Indonesia.

Bercovitch, Jacob. (2005). Conflict and Conflict Management in Organizations: A Framework for Analysis. Hongkong: Hongkong Journal of Public Administration Volume 5 issue 2.

Bodine, R. J. and Crawford, D. K. (1998). The Handbook of Conflict Resolution Education, Jurnal Edukasi El-Ibtida`i Sophia Vol. xx, No. xx, November 2020

Dhiya Indra Subarkah dan Budi Purwoko. (2013). The Application of Peer Mediation to Handle Interpersonal Conflict Students Class of Ten Administration Office at Vocational High School Ketintang Surabaya.

Girard, K. and Koch, S. J. (1996). Conflict Resolution in the Schools A Manual for Educators. San Francisco: Jossey-Bass Publishers.

Husaini Usman-Purnomo Setiady Akbar, 2006. Metodologi Peneitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara

I Nyoman Sudira. (2017). Resolusi Konflik dalam Perubahan Dunia. Global: Jurnal Politik Internasional Vol. 19 No. 2. Hlm. 156-171.

Jones, T. S., dan Kmitta, D. (2000). Does It Works? The Case for Conflict Resolution Education in Our Nations’ School. Washington, DC: Conflict Resolution Education Network.

Journal of Curriculum and Teaching Vol. 5, No. 2.

Jurnal BK UNESA. Volume 03 Nomor 01 Tahun 2013, 373 – 379.

Jurnal Edukasi El-Ibtida`i Sophia Vol. 01, No. 01, April 2022

Khalid Iqbal, Usman Khalil dan Abida Khan (2017). Perceptions of Secondary School Teachers Regarding the Role of Education in Social Conflict Resolution. Bulletin of Education and Research December 2017, Vol. 39, No. 3 pp. 157-170.

Lieber, C. M., Lantieri, L., dan Roderick, T. (1998). Conflict Resolution in The High School: 36 Lessons. Cambridge, MA: Educator for Social Responsibility.

Sudjiono, A. 2019, Pengantar Statistik Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiona. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung; Alphabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung: Alfabeta

Turk, Fulya. (2018). Evaluasi Dampak Resolusi Konflik, Pendidikan Perdamaian, dan Mediasi Sebaya: Studi Meta-Analisis. Studi Pendidikan Internasional; Vol. 11, No. 1; 2018 ISSN 1913-9020 E-ISSN 1913-9039. Kanada: Pusat Sains dan Pendidikan.

Usman, H. dan Akbar, P. S., 2006. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License