Analisis Pengaruh KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) Akibat Reaksi Produk Dan Respon Kecemasan Setelah Vaksinasi COVID-19 Terhadap Kesiapan Masyarakat Dalam Mengikuti Vaksinasi Booster

Monika Nina Kurniawaty Ginting, Darmanto Ginting, Bungamari Sembiring

Abstract


KIPI adalah salah satu reaksi tubuh pasien yang tidak diinginkan yang muncul setelah pemberian vaksin. KIPI dapat terjadi dengan tanda atau kondisi yang berbeda-beda. Mulai dari gejala efek samping ringan hingga reaksi tubuh yang serius seperti anafilaktik (alergi parah) terhadap kandungan vaksin. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah studi Observasional dengan desain crossectional yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) akibat reaksi produk dan respon kecemasan setelah vaksinasi COVID-19 terhadap kesiapan masyarakat dalam mengikuti vaksinasi booster. Penelitian dilakukan di Desa Namorambe, Kecamatan Namorambe. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang bertempat tinggal di Desa Namorambe, Kecamatan Namorambe yang berjumlah 382 orang. Dari perhitungan rumus slovin, maka ditetapkan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 80 responden. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, masyarakat yang memenuhi kriteria inklusi dimasukkan dalam penelitian sampai jumlah subjek yang diperlukan dipenuhi. Data primer Data yang di peroleh langsung dari responden melalui wawancara dengan menggunakan instrumen (kuesioner). Data sekunder berupa data kependudukan Desa Namorambe dan data peserta vaksin. Ada hubungan KIPI akibat reaksi produk dengan kesiapan vaksinasi booster dilihat berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji chi square dengan nilai sig. 0,004 dan ada hubungan KIPI akibat respon psikologis dengan kesiapan vaksinasi booster dilihat berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji chi square dengan nilai sig. 0,029

Keywords


Analisis, KIPI, Respon Kecemasan, Vaksinasi, Booster

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. (2020). Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Jakarta : Indonesia.Kementerian Kesehatan RI. (2021). Question ( Faq ) Pelaksanaan Vaksinasi Covid-. 2020, 1–16.

Koesnoe Sukamto. (2020). Teknis Pelaksanaan Vaksin Covid Dan Antisipasi KIPI. Satgasi Imunisasi Dewasa PB PAPDI.

Kementerian Kesehatan, RI. (2022). Cakupan Vaksinasi COVID-19 Dosis 1 dan 2 di Indonesia. https://vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines diakses pada tanggal 20 januari 2022.

Rengganis, I. (2021). Vaksinasi COVID-19 Lingkup bahasan. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI, 1–40. https://www.papdi.or.id/pdfs/999/Prof Iris Rengganis -Vacc COVID-19 Workshop 18 Januari 2021.pdf

Levani, Prastya, & Mawaddatunnadila. (2021). Coronavirus Disease 2019 (COVID19): Patogenesis, Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 17 (1), 44– 57.

WHO. (2022). Dasar-dasar Keamanan Vaksin, Modul 3 : Kejadian Ikutan PascaImunisasi.https://in.vaccine-safety-training.org/overview-and-outcomes-3.html diakses pada tanggal 20 januari 2022.

Aditama,Tjandra Yoga (2020).Covid 19 dalam Tulisan Prof Tjandra.Lembaga Penerbit Balitbangkes.

WHO. (2022). The effects of virus variants on COVID-19 vaccines. https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/the-effects-of-virusvariants-on-covid-19-vaccines diakses pada tanggal 20 januari 2022.

Norlita, W., & KN, T. S. (2016). Analisis Simtomatik Reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Pada Bayi Di Desa Sialang Kubang , Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar. Lp2M-Umri, 1, 51–54.

Sitanggang, Nathasya. (2021). Perbandingan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) Covid 19 pada Populasi Lansia dan Non Lansia di Kecamatan Medan Tuntungan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara

Nursalam. (2018). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis, Jakarta, Salemba Medika.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License