Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien (Patient Safety Goals) berdasarkan Proses Handover Perawat di Ruang Rawat Inap RSU. Sembiring, Deli Tua di era adaptasi kebiasaan baru

Darmanto Ginting, Monika Nina Kurniawaty Ginting, Fithri Handayani Lubis

Abstract


Keselamatan pasien (patient safety) saat ini telah menjadi isu yang diperbincangkan di berbagai negara. Isu ini berkembang karena masih banyaknya kejadian yang tidak diharapkan dan kejadian nyaris cedera yang masih sering terjadi di rumah sakit. Rumah sakit memiliki peran yang strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Rancangan penelitian yang akan digunakan adalah studi Observasional dengan desain crossectional yang bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien (Patient Safety Goals) berdasarkan Proses Handover Perawat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Perawat yang bekerja di RSU. Sembiring, Deltua, Deli Serdang yaitu sebanyak 225 orang. Dalam penelitian ini penentuan sampel penelitian yaitu dengan menggunakan persamaan rumus slovin12. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang Perawat di RSU. Sembiring, Delitua, Deli Serdang. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling, dimana semua perawat yang sesuai dengan kriteria dimasukkan sebagai responden sampai jumlah subjek yang diperlukan terpenuhi. Data primer Data yang di peroleh langsung dari responden melalui wawancara dengan menggunakan instrumen (kuesioner). Data sekunder berupa data mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat yang didapatkan dari Administrasi Institut Kesehatan Deli Husada. Ada hubungan yang signifikan secara statistik antara identifikasi pasien oleh perawat dan komunikasi antara dokter dan perawat dengan patient safety goals dilihat berdasarkan hasil uji chi square yang menunjukkan nilai sig. 0,004 dan 0,029 dan tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara ketepatan petugas dengan patient safety goals dilihat berdasarkan hasil uji chi square yang menunjukkan nilai sig. 0,789

Keywords


Analisis, Keselamatan Pasien, Proses Handover, Adaptasi kebiasaan

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien.

Simamora, R. (2017). Buku ajar keselamatan pasien melalui timbang terima pasien berbasis komunikasi efektif: SBAR. Medan: USUpress.

Peraturan menteri kesehatan republik indonesia nomor 27 tahun 2017 tentang pedoman pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan.

Wijaya, M. A. (2018). Pelaksanaan Keselamatan Pasien Melalui Lima Momen Cuci Tangan Sebagai Perlindungan Hak Pasien ( Thesis, Unika Soegijapranata Semarang).

Nursalam, M. (2020). Mutu pelayanan pelayanan keperawatan. Dalam Manajemen keperawatan (h. 306-316) (Edisi ke-9). Jakarta: Salemba Medika.

Lambogia, A.; Rottie, J.; dan Karundeng, M. (2016). Hubungan Perilaku Dengan Kemampuan Perawat dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Ruang Akut Instalasi Gawat Darurat RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. E-journal Keperawatan (e-Kep), 4(2), 4-7.

Cintha, G. L., Mutiara, S., Antono, J., dan Sutopo, P. (2016). Analisis pelaksanaan identifikasi pasien dalam rangka keselamatan pasien di unit rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(4), 45-48.

Herlambang, S. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit.Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit.

Jennica Destiani. (2021). Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien (Patient Safety Goals) Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara Tahun 2019. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Pandiangan, Crissanti Mika Anggita. (2021). Hubungan Proses Handover Perawat Dengan Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Ruang Rawat Bedah Dan ICU RSUD dr. Pirngadi Tahun 2020. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono, Mitha Erlisya Puspandhani. (2020). Metode Penelitian Kesehatan. Bandung : Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License